Kamis, 20 Desember 2012

Penelitian Ini,,,,



Jadi kalo mau punya gelar magister, salah satunya syaratnya harus bikin proposal tesis
#eh?
Dan itulah judul penelitian saya

Sebenernya ni ya, saya itu nggak suka sama penelitian, ehm maksudnya penelitian yang pake tikus, jaman s1 dulu aja saya pakenya penelitian survey, jadi ga utek-utek tikus, kenapa?
karena saya nggak bisa ngurusi pertikusan, saya ga telaten, ga tega dan pastinya biayanya lebih mahal
Lalu kenapa akhirnya saya pake tikus?
jawabannya simpel, karena ini proyek, jadi biayanya "lebih murah" dan sayanya diajak oleh sahabat saya
Oia, sedikit curcol, ini adalah judul ke 3 dari proposal tentang rumput laut ini dan merupakan proposal ke 3 juga yang saya buat.
*ini sombong apa ngeluh ya?:p*

Sampai akhirnya judul ini fiks, ga sampe seminggu, tetiba aja om ti, panggilan sayang saya pada tikus-tikus dalam percobaan ini, sudah dibedah, dan saya cuma bisa bilang, WHAAAAAAAAAAAAT?
Ini judul baru diganti gitu, saya masi belum begitu ngerti dengan metode yang akan saya gunakan untuk menilai parameter saya nantinya, metode aja belum apalagi daftar ke lab tempat saya menganalisa parameter nanti
Guling-guling, nangis, bingung, bahkan sampe biduren (sreaksi hipersensitif tubuh saya karena stres, red) ampir seminggu gegara pembedahan awalnya om ti, intinya si kaget, saking kagetnya, apalagi gara-gara ganti parameter, saya nggak ngerti apa yang harus saya lakukan
Kalo analisa MDA, sudah beres, saya sudah janjian sama analisnya dan cara analisanya saya sudah paham benar, masalah besarnya adalah analisa makrofag, makrofag ini adalah salah satu tipe sel dalam tubuh yang fungsinya memakan benda asing yang masuk ke tubuh

Hari pertama mbedah om ti,
banyak kekurangan itu pasti, tapi nangis sore-sore di pojokan mushola itu di luar rencana
Karena kata sahabat saya, untuk ngitung jumlah ndak harus hari itu, jadi saya santai, saya pikir sampel bisa disimpan dan saya tenang-tenang saja. Mulai panik adalah ketika analis bilang, untuk mnegukur sel hidup, harus segera dilakukan, mau ngelakuin apa coba saya
caranya aja nggak ngerti, sengerti saya adalah pake hemositometer, bentukan hemositometer aja saya ngerti, gimana mau ngitung?
dengan nekatnya saya dateng ke lab buat analisa hitung makrofag ini, dan sewajarnya tamu tak diundang, tanpa pamit dan bawa proposal sebelumnya, saya minta toplong untuk hitung sel disini, ya jelaslah analis lab ini marah, esmosi dan lain sebagainya, saya tahu saya salah, saya bolak-balik minta maaf sama analisnyam bahkan saking saya panik, saya mecahin alat, dan saat saya menwarkan ganti analisnya bilang ndak usah, alhamdulilah ya
lalu kenapa pake acara nangis sore-sore di pojokan mushola?
karena saya nggak ngerti apa yang akan saya lakukan
pas ngitung sel tadi aja saya ga ngerti apa saya hitung, caranya gimana, konversinya gimana dan semuanya
memang saya yang salah, saya belum nyari metoda yang tepat, tapi ternyata faktanya jauh lebih menengangkan
jadi hemositometer itu diletakkan di mikroskop, lalu dilihat mana makrofagnya dan dihitung
Jujur ni ya, saya daridulu paling nggak bisa liat mikroskop, nggak ngerti caranya, cara benerin fokusnya, cara nggeser kanan-kiri atas-bawahnya, dan tiap liat pasti hasilnya burem semua.
huaaaaaa
lalu apa kabar nasib penelitian saya?
T_T
sama analisnya saya ditinggal lagi, soalnya memang kerjaan analisnya lagi banyak, toh saya juga ndadak ini
jadi di hari pertama ini, saya nggak dapet data apa-apa
wajar dong kalo nangis?
*emang dasarnya cengeng aja*
dan mulailah biduren alias gatel-gatel seluruh tubuh

Hari-hari selanjutnya,
Biasanya pembedahan dilakukan hari selasa,
Ssaya sudah mendapatkan metode dan cara hitung yang tepat untuk parameter ini, karena sadar saya nggak bisa melanjutkan di lab itu, karena di lab itu hanya ada satu mikroskop yang bisa saja dipake orang lain, saya mencari lab baru
bukan apa-apa si, saya nggak bisa kalau kerja diburu-buru gitu, makanya saya cari tempat yang nyantai, yang kebetulannya lab yang sering saya tongkrongi itu ada banyak mikroskop nganggur, jadi saya bilang ke temen saya apa saya boleh pinjem mikroskop, berapa bayarnya dan sebagainya.
Namanya juga tempat tongkrongan, uda deket sama yang punya tempat, mereka menggratiskan saya dan membolehkan pinjem mikroskop, jadi saat itu saya langsung pesan hemositometer, yang ternyata harganya lumayan, uang saku saya 3 minggu lah
Tapi kata ayah saya, yang penting saya ndak biduren dan semuanya lancar, alhamdulilahnya ada rejeki buat beli hemositometer

kalo di metode, perlu satu perlakuan sebelum sampel saya bisa saya hitung pake hemositometer di bawah mikroskop, dan saya nyoba untuk maen ke lab sebelah, menanyakan tentang peminjaman alat dan biayanya, ternyata di lab ini, juga bisa hitung sel, masuk lab dan ijin labnya juga tidak susah, alhamdulilah dan lebih menyenangkannya lagi adalah saya nemu lab yang analisnya ganteng dan baik
#eh?
oia, jadi dulu kenapa saya ndak langsung ke lab yang ini, karena tiap kali saya kesini, analisnya lagi nggak ada, dan pembedahan yang sudah semakin dekat membuat saya beli hemositometer itu, yang sekarang akhirnya nganggur gara-gara saya analisa di lab sebelah ini

dan saya dengan sangat sadar tahu kalau saya ini terlalu terburu-buru, tapi yasudahlah, semoga bisa ngurangi nya, bisa ga gupuhan!=D

Di lab ini, saya belajar banyak tentang mikroskop, analisnya si nggak ngajarin secara langsung, tapi analisnya itu nemenin saya, mau njawab saat saya tanyain, jadi saya belajar dengan melihat apa saja yang dia lakukan
Mulai dari cara nggeser ke kanan-kiri atau atas-bawah, cara main fokus, cara ngukur sinarnya, bahkan cara hitungnya juga diajarin.
Mulai dari saya yang nggak ngerti apa-apa tentang mikroskop sampe saya jadi ngerti semua tentang mikroskop
Mulai dari saya nggak ngerti apa yang dihitung, bahkan satu sampel saya bisa 20 menit ngitungnya gegara ndak begitu mengerti, sampe sekarang cuma 2 menit per sampel
Alhamdulilah
Lebih alhamdulilahnya ngerasa di lab ini tu tenang, nggak pake ada acara nggosip, mbelibet, perbedaan kasta dan analisnya bisa diajak diskusi dan profesional menurut saya, meski sering nggodain saya juga, nggodain apa saya ngerti metode maksudnya, dan saya sering salah njawab, keliatan banget oonnya!:p
Meski gegara ke lab ini saya nggak sempet makan, nggak sempet istirahat, tapi rasanya ilang semua gitu, kelaperannya bisa ditahan, capeknya bisa lumayan ilang pas ketemu orang-orang baik disini.

Sejak november lalu, hari selasa saya itu rasanya hari yang panjaaaaaaaaaaaaaaaaaang banget
dimulainya sejak jam6 dan pasti pulangnya diatas jam 4
biasanya diakhiri dengan biduren malemnya
tapi 4x selasa ini sudah endak biduren dong, kayaknya tubuh saya sudah mulai inget kalau itu hari selasa, yang panjang, tanpa makan siang, tanpa istirahat dan sering makan ati, makanya dia ga biduren lagi
good job body, love you!:)

Pernah di suatu selasa, saya datang jam 6 kurang, dengan kondisi masih lapar, ya karena memang saya ga biasa sarapan, ternyata partner saya pada datang jam 7, dan karena saya disini penggembira, saya ndak begitu banyak gerak. Ada cemilan di atas meja, tapi saya ndak berani makan, baru berani pas nggak ada orang, itupun makannya cuma satu, dan karena harus langsung ke lab sebelah, setelah mbedah, saya cuma ijin sholat lalu pergi. Dan saat hampir jam 4, perut lapeeeeeeeer banget, biasanya kalo pembedahan gini, ada jatah makan buat saya, tapi alhamdulilahnya pas itu jatah makan saya nggak ada, makin kelaperan ndak tuh saya?
:p
di tengah kelaperan ada yang ngajakin saya jalan, sebenernya mau naek motor, tapi dia takut basah, jadi lebih milih jalan kaki, lumayanlah udah capek+laper ketambahan harus jalan kaki, untungnya saya masi dikasi kesempatan buat beli cilok sama dia, alhamdulilah perut akhirnya ada isinya
saat itu rasanya saya pengen berontak, tragis gitu rasanya, saya dateng pagi yang lain nelat, saya kelaperan yang lain sempet makan, bahkan katanya ada yang bawa makanan lebih dari sebungkus, sayanya capek, ada yang ngajakin olahraga.
Tapi saat mau ngeluh, malah saya ngakak, kenapa, karena selasa-selasa sebelumnya pernah lebih tragis dan mungkin lebih makan ati dari ini.
apalagi selasa pertama dulu, sampe nangis di pojokan mushola kampus

Sekarang, om ti sudah tenang semuanya
terimakasih ya om ti atas jasanya
analisa jumlah makrofag di lab sebelah sudah selesai
analisa MDA sedang dalam proses penyelesaian
dan analisa jumlah makrofag dengan cara yang satunya direncanakan minggu depan, oia lupa
jadi selain pake hemsitometer, makrofagnya dihitung dengan pewarnaan, nah di lab yang biasa saya tongkrongi, analisnya bilang dia ndak bisa bikin dari sampel saya, makanya saya ke lab belakang, di lab belakang ini satu sampel 25000, dengan pengulangan 4x,  dengan kata lain, satu sampel 100000, dan saya ada 40 sampel, belum lagi lab belakang ini menyuruh saya beli alat dan bahan sendiri yang harganya lumayan lah, uang saku saya dua bulan, atau mungkin tiga bulan.
Tapi ternyata analis lab tempat saya biasa nongkrong mau bantu, mau ngajarin saya caranya, ngasih saya alat dan bahannya semuanya gratis dengan syarat dia ngajarin saya satu kali dan sisanya saya sendiri yang ngerjain
Subhanalloh, pertolongan Allah itu darimana saja ya
Ya pastunya saya akan lebih capek sih, tapi kan saya jadi ngerti dengan apa yang saya ukur dan pastinya lebih murah
Alhamdulilah
Ketika kita berbuat baik sama orang, pasti akan ada balasannya, bukan mengajari untuk pamrih saat berbuat baik, tapi mengajari untuk selalu berbuat baik meski mungkin terasa nggak ada gunanya atau mungkin terasa percuma berbuat baik sama orang yang nggak pernah baik sama kita. Tenang tiap perbuatan kita pasti baliknya kekita kok, InsyaAllah, kalau kita baik ke orang, pasti akan ada juga orang yang baik ke kita


Daaaaan, penelitian ini
mengajarkan saya banyak
lebih sabar, lebih tenang, dan lebih lebih baik lagi
Alhamdulilah
Dan semoga, penelitian ini juga bisa bermanfaat bagi banyak orang
Amiiin

1 komentar:

penelitian tindakan kelas mengatakan...

Menarik, penelitian ini pasti bermanfaat, mengingat banyaknya pekerja batubara di negeri ini.