Minggu, 23 Desember 2012

Juragan Kenapa Ya?

Juragan, panggilan sayang saya pada satu-satunya anggota laki-laki trio wek-wek, hari ini terlihat aneh, lucu dan berhasil bikin saya ngakak, meski ga guling-guling si, lagi di kampus soalnya, ga ada tempat buat guling-guling!:D

Dimulai dari pertama kali ketemu juragan hari ini, dia sudah tampak sibuk di ruang admin, kata nyonya si dia lagi minta surat rekomendasi etik, tapi ni ya, sebagai mahasiswa kan saya juga boleh ya masuk ruang admin, eh barusan masuk sang juragan kayak yang punya ruangan, bilang, lapo kamu kesini yan?
Saya jawab aja ingin bahagia diatas penderitaanmu gan, hhaha.
Setelah urusan surat selesai, juragan mengajak saya ke gedung yang menurut saya lagi panas, ya karena ada konflik itu, lalu juragan bilang, ah kamu itu yan, semua gedung kamu anggep panas, sudah timbang kamu kayak orang ilang disini, ayo ikut aku.
Tanpa mengiyakan tapi saya ikut saja sama sang juragan. Di perjalanan, kita ketemu salah satu temen sekelas yang memang daridulu tampak agak menyendiri, satu kalimat yang dilontarkan teman kami ke juragan, kok sekarang panjangan?
Juragan tersenyum dan pamit pergi, kirain juragan ini biasa aja, ternyata setelah ketemu teman itu sampai ke gedung yang kami tuju, juragan curhat, dan saya ngakak.
Pasienku ae ora tahu komplain, pasienku ae ora wedi rambutku dowo, kok dee sewot? Padahal lo onok yan arek cilik, jarene wedi cabut ndik pkm, ketemu aku yo ga wedi kok, yo gak komplain dengan rambut dowoku kok dan seterusnya.
Saya melawan dan bilang, mas2, sampeyan iku diperhatikan temen kok sewot, dia itu bukan menyalahkanmu dengan rambut panjangmu, dia cuma nanya sekarang rambutmu panjang ya.
Dan juragan yang selalu tidak terima dikritik, tetep menyanggah semuanya, yasudahlah saya jadi pendengar saja.

Sampai di gedung ini, niatnya juragan si menunggu pembimbingnya, karena pembimbing belum juga datang, mulailah juragan mengobrol,
Yan, kamu sudah ngurus etik?
Belum Mas, dulu aku wes nawarin tapi katanya kepala proyekku aja yang ngurus
Lho gag bisa, judulmu kan beda sama kepala proyekmu, jadi kamu harus ngurus sendiri
Ndak mas, gpp kok, lagian kan sepohon juga
Tapikan beda yan, bla bla bla
Ya, ini kalo ga diturutin panjang ni cermahnya juragan, iyo-iyo Mas, aku tak ngurus dhewe, cek tenang, butuh opo ae Mas?
Ini adalah pertanyaan basabasi, kenapa, karena saya dulu s1nya juga udah nguruh etik, saya tahu apa yanh dibutuhkan etik, tapi daripada ceramah makin panjang, saya pura-pura nanya aja de.
Proposal, form, lho cateten!
Iya mas, tak iling-iling
Ora iso, akeh iki, cateten, cek ga lali, tokno bukumu
Untung aja saya bawa buku, kalo endak pasti juragan semakin merasa jadi khotib. Saya mengeluarkan buku lalu mulai nulis.
Form, itu pake tandatangan pembimbing, pembimbing lo bukan kalab, lalu proposal rangkap 3, surat rekomendasi, opo maneh yo, sambil dia inget2
Ini proposalnya kan mek bab 1,3 dan 4 kan ya Mas?
Lho, kabeh yan
1,3,4 Mas
Kabeh, eh yo gpp se lek 1,3,4, pokok kudu jelas dan rangkep telu
Plis de Mas, aku wes tahu ngurus ngunu
Yawes, lanjut, foto 3x4 yan
Foto? Yakin?
Iyo, foto 3x4 yan, piro berarti
Nah maksudmu? Lha embuh Mas, piro emange?
Iku lo yan 3x4 piro, 12 kan ya 3x4?
Maksudmu mas?
Lhaiyo, 3x4 kan 12 kan?
Saya sadar ini sebenernya adalah guyonan, etik itu ga pake foto, ora Mas, foto 3x4 saiki sewu!!! Sambil manyun.
Koen iku yan, ancen arek ngamukan
Yeee, aku dibilang ngamukan padahal dia yang emosian.
Lalu anggota lain trio wek-wek datang, salah seorang dari mereka minta nganterin saya untuk nemui pengujinya. Saya dengan spontannya bilang, sms dulu dong Mbak.
Dan juragan juga dengan spontannya nyerocos, ya gini ini anak muda jaman sekarang, mentang-mentang onok hape terus senengane sms, iku ora sopan yan, aku yo, dosen, lek enek mahasiswa sms langsung tak omongi, iki arek ga sopan, dee sing butuh kok aku yo kudu ngetokne pulsa, bahkan telfon iku yo kadang ga sopan yan, paling sopan iku nemui langsung.
Dalam hati ni ya, ya memang sms itu ndak sopan, tapi dosen2 ini, siapa tahu juga lagi sibuk operasi pasien atau rapat direksi, ga lucu kan kalo tetiba kita telfon, jadikan ndak papa di sms dulu, tanya jadwal beliau. Tapi bener juga si, kayaknya pertemuan pertama lebih baik ketemu, lha tapi kalo ga ngerti jadwal beliaunya gimana? Masak iya ngentang mulai pagi sampe ketemu pagi di rumah sakit sana? Tapi lagi-lagi saya diem, males aja kalo dengerin ceramah juragan, yang akan makin panjang kalo saya menyanggahnya.

Si juragan ini, emang si dia uda biasa geje plus cerewet dan suka marah-marah, tapi kayaknya hari ini dia geje plus sensian de, semuamua aja dimasukin ati, semuamua aja dianggap lagi nyinggung dia, gan, juragan kenapa?

Kayaknya si pre penelitian tesis yang abis 8jutaan bikin juragan sedikit sensi de. Hahha.
Tapi ni ya, meski suka cerewet dan terkesan sering marah-marah, tapi sehari aja tanpa juragan yang lagi marah, hari itu terasa sepi. Juragan juga sering banget nraktir saya, kalo ada makananpun dia sering ngasi ke saya, katanya si saya anak kos, dan jaman dia jadi anak kos itu idupnya susah, jadi dia ga mau saya susah kayak dia, makanya dia sering berbagi makanan dengan saya.
Ini perhatian, kasian atau nyindir si gan? (¬˛ ¬”)

Jadi semakin juragan sensi, semakin seneng saya liatnya! *ngakak*

Tidak ada komentar: