Kamis, 31 Mei 2012

Ketemu Orang Aneh



Tempo hari, saat saya mengalami eh melakukan eh bukan, mungkin lebih tepatnya melaksanakan suatu kegiatan yang disebut wawancara pekerjaan, tepatnya si wawancara untuk menjadi fasilitator.

Entah apa maksud tujuan dari wawancara ini, entah hanya untuk melihat motivasi saya atau mengetahui keadaan psikologis saya, pertanyaan yang ditanyakan bermacam-macam, bahkan sebelum saya mulai diwawancara, saya ditawarkan untuk mengundurkan diri. Wow, wawancara yang seru, menurut saya.
Dan dari sekian banyak pertanyaan, saya paling berkesan dengan satu pertanyaan, ”kamu pernah nggak ketemu orang aneh?”
 Ya, kalo gag mikir saya butuh uang untuk tambahan hidup,  pasti saya akan langsung ngakak guling-guling di depan orang yang wawancara saya. Gimana nggak, secara akhir-akhir ini saya berada di sebuah komunitas yang isinya aneh-aneh semua, termasuk saya pastinya, bahkan sampe ada orang yang ndak anehpun terasa aneh.

Saya berada dalam komunitas yang isinya 15 orang, sempet si dalam seminggu berubah menjadi 16 orang, tapi akhirnya kembali menjadi 15 orang.
Dan percaya nggak percaya, 15 orang ini, menurut saya, aneh semua. Tapi mungkin kalo misalnya kita ndak aneh, kita akan cepet tua kali ya, secara tugas dalam komunitas itu buanyak sekali, sampe-sampe pacaran aja ndak sempet. Bukan karena ndak ada waktu pacaran, tapi karena memang ndak punya pacar. Tuh kan mulai aneh, back to the topic.

Aneh, apa sih arti aneh?
Karena lagi males buka kamus, akhirnya saya mengartikan aneh menurut pemahaman saya sendiri saja, aneh adalah berbeda. Tapi, ndak berarti kalau misal ada orang yang berbeda dari kita langsung disebut aneh, menurut saya aneh lebih ke arah berbeda dari kebanyakan orang. Kalo beda jenis kelamin sih bukan termasuk aneh, memang kita diciptakan dengan dua jenis kelamin kok.

Lalu kenapa saya sebut komunitas ini aneh? Karena setiap orang punya sifat yang berbeda-beda dan sepertinya sifat yang berbeda ini munculnya hanya ketika 15orang ini bersama. Karena, saya yakin, di luar sana mereka adalah orang-orang yang baik, yang jaim dan yang tidak melakukan sesuatu seperti apa yang mereka lakukan saat bersama-sama.
15 orang ini, terdiri dari 5 laki-laki dan 10 perempuan, dengan 6 orang yang belum menikah, bersama-sama dalam waktu kurang dari dua tahun (semoga), selalu saja melakukan hal yang aneh saat bersama.

Lalu,, dimana anehnya?

Keanehan dari seorang perempuan, sebut saja ute, dia berasal dari lampung dan meski di sekitaran rumahnya banyak orang jawa, namun dia tidak terlalu mengetahui bahasa jawa. Dan dia, keturunan sunda, yang terkenal sering menyebut ef dengan ep atau menyebut ve dengan fe yang akrinya kesebut pe.
Banyak sekali keanehan yang disebabkan si ute ini, kebanyakan adalah karena dia tidak bisa menyebut ef atu ve, sehingga yang ada komunitas ini ngakak dengan adanya dia.
Pernah suatu saat si ute ini presentasi, dan dia sudah berusaha dengan keras menyebut EVENT, tapi seketika itu juga dia ditegur dan dibenarkan kalo seharunya bukan EVEN melaikan IVEN. Dan ndak usah ditanya bagaimana respon anggota komunitas lainnya, yang pasti adalah ngakak!
Pernah juga, di kesempatan lain, si ute ini hampir memunahkan burung. Karena saat dia presentasi, dia menghilangkan huruf M. Jadi dalam presentasi itu, dia menyebut mengambil 5L darah dan cairan semen burung. Bisa dibayangkan burung yang sekecil itu, diambil 5L darah dan cairan semennya, lalu seperti apa bentuk burung itu?
Kasian burungnya
Dan saat semua anggota komunitas ini sedang berduka dengan kepunahan burung, ute menyadari satu hal, kalau ternyata dia menghilangkan huruf M dari ml. Dan akhirnya, dia meminta maaf dan tidak jadi memunahkan burung itu.

Keanehan dari seorang laki-laki, sebut saja maketu. Dia ini kemana-mana selalu membawa kartu pengenalnya. Si maketu bilang, kartu pengenalnya ini berfungsi dobel, selain sebagai kartu pengenal, bisa juga digunakan sebagai penggaris, jadi harus dibawa kemana-mana. Dan maketu ini memakai jam tangan apa ya, pokoknya jam tangan yang dari rantai dan angkanya digital.
Saat itu, seorang teman bertanya, mas, ini liat jamnya gimana si?
Yaudah, tinggal dilihat aja
*masih bingung karena dia hanya melihat rantai dan tidak kelihatan angka sama sekali*
Mana si? Ini jam berapa sekarang?
Yaudah, liat aja, adakan angkanya
Ndak ada mas
Ada
Ndak ada
Ada
*Sedikit emosi*, mana sih mas???
Ini lo, kalo mau liat, pencet dulu ininya, kan keluarkan angkanya!!!
*eeeeeeerrrrr, maketu yang aneh dan bikin esmosi*

Keanehan lain yang secara kompak dilakukan semua anggota kelas ini adalah ketika mendapati sebuah ujian dan ada tulisan CLOSED BOOK.
CLOSED artinya tertutup atau tutup
Dan BOOK berarti buku
Jadi, harusnya dalam ujian ini komunitas ini tidak diperkenankan membuka buku. Dan mereka menaati peraturan itu, hanya saja, mereka membuka laptop dan browsing tentang jawaban dari soal itu, bahkan ada yang buka handout, katanya handout itu hanyalah kertas yang berisi powerpoint, bukan merupakan buku, dan karena perintahnya CLOSED BOOK, dan kita OPEN LAPTOP and HANDOUT, berarti kita ndak menyalahi aturan dong?
Ini aneh atau cerdas?

Entahlah
Kalo misal disebutkan keanehan2 lain dari komunitas ini, pasti lebih dari satu postingan, jadi, sementara, cukup ini sajalah keanehan yang diceritakan.

Dan kalau kembali ke acara wawancara, sedikit curcol, jadi, saya gagal dalam wawancara itu.
Saat itu, ada 12 yang diwawancara, 1 ndak datang dan katanya yang diterima Cuma 10 orang. Saat saya tahu saya tidak diterima, rasanya itu adalah saya orang yang paling terpuruk, secara dari 11 diambil 10 dan saya satu orang yang tidak diterima!:D
Tapi ternyata, hanya diambil 6 orang dan 5orang memang ikut tes dan wawancara, namun 1 orang, tidak saya tahu ikut melamar dan bahkan wawancara namun diterima.
Entah dia lewat jalan yang mana
Yang saya tahu, menurut beberapa teman yang sudah berpengalaman, memang sering kok ada jalan yang tidak diketahui orang umum, termasuk saya!:D
Kecewa, iya lah, secara saya berusaha keras tapi ada orang yang usahanya beda sama saya tapi ketrima dengan tenang
Gosipnya dia memperpanjang kontraknya yang lama, jadi dia sudah ketrima jauh sebelum ada tes. Tapi adil ya kalo gitu?
Memang sih, dia sudah pernah menempati posisi itu pada musim sebelumnya, tapi masak iya, untuk musim berikutnya, saat semua calon mengikuti tes, dia tidak mengikuti tes?
Ah, entahlah, saya tahu mungkin jalan saya bukan untuk menempati posisi itu. Kalau boleh mengingatkan, apa tidak lebih baik kalau semua itu lebih terbuka dan jelas caranya sehingga tidak ada negatif ting2 gitu.
 
Tapi apapun itu, kecewa saya tergantikan denga keberadaan saya diantara komunitas ini, komunitas yang selalu membuat saya tersenyum dan bahkan ngakak karena tingkah laku setiap orang di komunitas ini.

Tidak ada komentar: