Jumat, 15 Juni 2012

Arti Sebuah Nama

Ada ungkapan, apalah arti sebuah nama?
Beberapa orang mungkin setuju kalau nama itu tidak penting, toh dengan adanya ungkapan itu, menunjukkan bahwa nama hanyalah sebuah cara untuk mengenali seseorang
Kalau ungkapan itu ditujukan pada saya, saya akan menjawab, nama adalah doa dan harapan dari orang tua.
Jadi, jika banyak orang yang berpendapat nama itu tidak penting, saya orang pertama yang tidak sependapat dengan pendapat itu!:)

Lalu apa yang terpikirkan saat membaca nama ini?


romadhiyana kisno saputri

Menurut cerita ibu saya, dulu ayah saya bilang pada beliau kalau beliau boleh urun nama dan ayah saya juga, jadi nama anak-anak mereka adalah memang dari pilihan nama ibu dan ayah saya.
Ibu saya bilang, ingin memberi nama saya sesuai bulan lahir saya,
awalnya tercetus nama aprilia, lalu tampaknya ibu kurang sreg, jadi lebih memilih romadhiyana. Konon katanya, kalau tidak salah ingat, NA sibelakang itu berasal dari bahasa arab yang artinya banyak, karena ibu saya saat hamil saya, puasa ramadhannya lebih banyak dibanding dulu saat hamil kakak saya. Dan kenapa ibu memilihkan nama ini?
Saya belum berhasil mengkoreknya, tapi seinget saya, ibu berharap kalau saya bisa menjadi anak yang baik, sesuai dengan bulan kelahiran saya!:)
Tapi Ibu, maaf, sampe sekarang anakmu ini belum ada baik-baiknya
*ngaku dosa*
oia, nama dari nama itu, ibu saya memilih untuk memanggil saya dhiyan, yang pengucapanya sama seperti mengucap dian yang artinya cahaya.
Dan ibu, maafkan lagi, anakmu ini bukannya jadi cahaya, malah baru bangun kalo cahayanya uda setinggi tiang listrik
#eh?


Lalu, sumbangan nama dari ayah saya adalah kisno saputri
entah apa artinya, saya ndak berani nanya sama ayah, haha
tapi kalo saya artikan maksud nama ini adalah menunjukkan bahwa saya adalah anaknya pak kisno
*berasa aneh*
Dan saat memikirkannya lebih dalam lagi, sampai masuk kek alam bawah sadar saya, alias sampe ketiduran, saya menyadari betapa beratnya nama ini, kenapa berat, karena, menurut saya, apapun yang saya lakukan, ayah saya akan ikut tanggungjawab. Yang berarti saat saya melakukan kesalahan terfatal sekalipun, dan kalau sampai tidak ada orang yang mau temenan sama saya, tapi semoga saja ndak akan pernah ada keadaan seperti itu, ayah saya masih mau mengakui saya sebagai anaknya, meskipun hanya lewat nama.
 
Lepas dari sejarah nama itu, apa yang terbayangkan dari nama itu?
Mungkin, ada banyak yang langsung menduga itu nama cowok
 
Saya juga kok
#eh?
apalagi saat saya sering menggunakan id dhiyan kisno atau dhiyan_roma
Pasti langsung terpikir kalo itu nama cowok!:D
 
Saya sendiri heran kenapa saya suka menggunakan dua id itu, tapi lagi-lagi ada sejarahnya
Saat smp dan sma, saya dipanggil roma, padahal, saya sudah mengenalkan diri bernama dhiyan, tapi karena banyaknya nama dhiyan, akhirnya saya harus terima dipanggil roma, toh itu masi nama saya.
Jadi biar temen2 smp gue, temen2 sma gue, pasti langsung mengenali gue dengan dua id itu
Apalagi nama anak yang mengandung nama bapak seperti nama saya juga jarang, jadi kalau saya menuliskan nama tengah saya, tanpa menuliskan nama panggilan saya, teman-teman saya pasti langsung mengenalinya
 
Sebenernya sih akan lebih manis kalo saya menuliskan putri dalam id saya, tapi sumpah menurut saya itu kemanisen, mengingat saya ndak ada sifat putri2nya. Dan juga nama putri itu masih pasaran, sama pasarannya dengan dhiyan!:D
Eh tapi, bukan berarti saya ndak suka sama harapan orangtua saya terhadap saya melalui nama ini lo, buktinya, meskipun sering dikira cowok, meskipun sering dicemburui cowoknya teman cewek saya dan meskipun ndak pernah dibilang cewek, saya masih pake nama ini kok sampe sekarang.

Jadi buat semua orang yang (masih) mikir saya cowok, sebenernya saya cewek kok, meski mungkin banyak perbedaan dengan cewek-cewek umumnya!:)

Nama adalah harapan orang tua, dan meskipun terlihat simpel, nampaknya dibalik nama saya masih tersimpan harapan besar orang tua sayayang belum bisa saya wujudkan
Maafkeun anakmu ini ayah, ibu!:)


5 komentar:

Unknown mengatakan...

hahahahaha XD
berapa kali ya kamu dikira cowo?
dan lbih parah lagi, brapa kali kamu dikira pacarku??
hahahahaha XD

dhiyan kisno mengatakan...

berkali-kali kok
kalo cuma dianggep pacar temen cewek udah biasa
pernah mau diajak tarung sama pacarnya temen cewek gara2 saya dipikir cowok dan dia cemburu sama saya!:D

Unknown mengatakan...

terus kamu ladeni gak yan?
*penasaran*

Unknown mengatakan...

wah kita senasib ternyata. ak jga sering d kra cwok ......
salam knal ya dhiyan.........
from dhian

dhiyan kisno mengatakan...

ndak diladeni lah, wong cowoknya ganteng
*Salah fokus*

salam kenal juga dhian