Minggu, 09 Februari 2014

Sumber

#Penulisan sumber itu penting dalam sebuah kutipan. penulis dan atau pengutip yang baik harusnya mencantumkan sumber dalam tulisannya jika dia mmang mengambil dari tulisan orang lain atau saat dia mengutio tulisan orang lain.

Simpel tampaknya, tapi ada beberapa keadaan dimana penulisan sumber yang tidak benar menjadi masalah besar. Dalam serial conan saja ada beberapa kasus yang dilatarbelakangi pengambilan tulisan orang lain untuk kepentingan diri sendiri.
Jahatnya.

Meng-copy lalu memastekan tulisan orang lain boleh, tapi lebih sopan kalau mencantumkan sumber aslinya. Kadang suka nyesek pas lihat tulisan dari satu blog ke blog lain sama persis, tanpa diketahui mana yang tulisan aslinya.
Selain lebih sopan, menurut saya pengutip yang menuliskan sumber kutipan adalah yang tahu etika. Kecuali untuk beberapa kasus, misalnya ada beberapa kelompok yang memang tak mengharuskan penulisan sumber karena menganggap semua tulisan di bidang yang ditekuni kelompok itu adalah tulisan serumpun. Hal ini saya temui dalam penulisan di bidang MIPA, saat adek saya menulis tugas akhirnya kemarin.

Nulis sumber aja harus apalagi nulis yang sebenernya
#eh?

Btw ya, kemarin sempet iseng search nama sendiri di google dan nemuin ada yang nyantumin tulisan di blog ini dan dikasi sumber, meski alamat sumbernya salah, ya memang karena dulu sempet ganti alamat blog sih. Tapi itu keren, cuma tulisan tentang opini bisa dicantumin sumbernya.

Tidak ada komentar: