Jumat, 27 Desember 2013

Kenalan, Teman, Sahabat

Kadang  suka mikir apa beda teman dan sahabat. Apalagi ketika seorang yang dianggap sahabat malah mengecewakan dan saat seorang teman malah mampu menguatkan.
Kalau bahasa Indonesia biasnya mengartikan sahabat itu adalah orang yang bisa selalu ada, disaat suka dan duka dan memang ada kedekatan emosional. Sementara teman adalah seorang yang memiliki hubungan baik. Ada lagi kenalan, kalau ini mah hanya sebatas pernah kenal aja.
Kalau di bahasa inggris kan memang ada friend dan best friend ya? Tapi saya si ndak ngerti apa artinya, selain karena saya bukan orang inggris juga
Menurut saya itu klise, saat masih mengotak-ngotakkan orang dengan sebutan teman dan sahabat. Menurut sepengetahuan saya, ndak banyak kok sahabat yang juga berakhir tidak bahagia. Entah yang saling ndak mau terbuka, saling ndak mau ngalah, saling miskom, dan saling-saling yang lain yang bikin sahabat akhirnya kehilangan statusnya.
Saya pernah terenyuh ketika ada teman, yang tetiba mengirim pesan seperti ini
 
yang kedua,

mereka temen si, lama ndak ketemu, yang pertama dia lagi seneng punya pasangan baru, dan ngajakin saya cari pasangan biar merasa bahagia seperti dia. Yang kedua, kenalan yang saya mintai tolong nyari mahasiswa di fakkultasnya, kirain dia berhenti sampe ngasih nomer nyatanya dihubungin juga si punya nomer itu sama dia,suiiit.

Malah kadang seorang sahabat jarang seperhatian itu, apalagi ketika dia seolah hanya mau dimengerti tanpa sedikit saja mau mengerti.
Kadang lo, ndak semuanya, masih banyak pasti sahabat yang mau mengerti dan memahami.
Tapi sejak saat itu saya jadi ndak mengotak-kotakkan seseorang dalam hidup saya sebagai teman atau sahabat. Lebih suka nganggep temen, temen baiiik. Karena banyak hal mengejutkan dari seorang teman.
Ada temen SD saya yang karena suatu alas an tetiba jadi sering BBM saya dan akhirnya ngajak jalan-jalan ke WBL. Ah so suit, padahal ngerencanain jalan-jalan sama sahabat aja jarang karena perbedaan jadwal. Suitnya itu temen SD ini mau gitu mengosongkan waktunya untuk jalan-jalan. Bahkan mereka menjanjikan, sudahlah sama kita pasti jadi
*Sambil nyindir seseorang :p

Ada lagi temen SMP yang juga tetiba ketemu lagi dan jadi temen cerita lagi, apalagi yuang senasib, haha. Lalu pas nyeritain jaman SMP, saya baru sadar kalau jaman SMP dulu banyak banget yang saying sama saya. Pas inget-inget  jaman SMP, meskipun kadang saya suka ga nganggep beberapa teman saya, ya maksudnya ndak bisa deket banget sama semua temen sekelas yang pas itu ada 30-40an orang, tapi semua temen itu ternyata nggak ada yang marah sama saya, bahkan mereka masih nganggep saya orang baik.
Juga temen-temen jaman SMA, masih banyak lo yang ngenal saya, mungkin karena  nama yang unik kali ya, jadi mereka masih kenal saya, masio ndak sekelas, tapi ada beberapa yang masih inget saya.
Sahabat itu sebenernya adalah orang yang bisa kita percaya untuk saling berbagi, sayangnya terkadang ada beberapa hal yang membuat kepercayaan itu hilang.
Sahabat itu sebenernya tentang saling, saling mengingatkan, ya kalau salah dan disalahkan itu belum tentu berarti sahabat itu ndak suka, tapi justru sahabat itu saying, tergantng kitanya bisa mengartikan saying itu atau ndak. Tapi, kalau missal kita menganggepnya sahabat, ya jangan Cuma mau diperhatikan, tapi perhatikan juga dia.
Sahabat juga saling menerima, tapi bukan berarti ndak mau berubah jadi lebih baik. Iya diterima kalau si sahabat itu suka ngaret, tapi masak iya ngebiarin dia terus ngaret? Bukannya lebih baik ngasih tahu kalau ngaret itu ndak baik? Perubahan itu butuh waktu lama, jadi ya jangan ngambek kalau dia ndak bisa langsung dirubah
PENTINGnya, yang harus diubah dari kebiasaan sahabat adalah kebiasaan yang menurut UNIVERSAL itu kebiasaan buruk. Jadi sebelum menyalahkan, pastikan UNIVERSAL menilai itu juga sebagai kesalahan.

LEBIH PENTING lagi, menurut saya, kata sahabat itu diganti saja jadi teman




Tidak ada komentar: