Rabu, 27 Maret 2013

Tugas Akhir (Ini)


Namanya sekolah pasti dikasih tugas, kalau ndak ngerjain tugas ya ndak lulus.
Kalau ndak mau dikasih tugas, ya ndak usah sekolah
#eh?

Dan TA ini yaaaaaa
50,1% kurang membahagiakan dan 49,9% membahagiakan. Karena sudah pernah nangis di pojokan mushola sore-sore  waktu ittu, jadi saya menikmati bagian yang 49,9% saja deh.
Tapi bahagia bukan ndak boleh ngeluh kan?
#eh?

Mulai dari pemilihan penelitian, pemilihan organ, pemilihan parameter, pemelihan analisa, pemilihan analis bahkan pemilihan pembimbing, semua butuh yang namanya galau unyu-unyu. Tapi saya selalu percaya bahwa terang selalu datang meski gelap terasa tak akan pernah pergi, karena itulah akhirnya saya bisa jadi seperti sekarang ini.
Jangan tanyakan berapa kali saya ingin menyerah, karena kayaknya jari tangan saya ndak cukup buat ngitungnya
Jangan tanyakan berapa kali saya nangis dan pengen pergi, karena kayaknya saya juga ndak bisa ngitung berapa banyak tisu yang sudah terbuang
Jangan tanyakan berapa kali alergi saya kumat, karena kayaknya tiap malam alergi saya selalu kumat
Tapi di balik semua itu,
InsyaAllah saya malah bersyukur, karena bisa merasakan banyak ”rasa” dan belajar cara ngadepinnya, rasa sakit, kecewa, iri, atau apapun itu. Bahkan sekarang saat saya ingin menangis (lagi) ketika saya menemukan hambatan yang saya rasa saya tak bisa melewatinya, malah ndak bisa, tiap mau nangis, malah jadi senyum makanya orang-orang di sekitar saya alah heran
#perasaan sudah dulu deh saya aneh, kenapa mereka baru heran ya? :p

Ketika saya marah atau kecewa, entah sama orang atau keadaan, daripada bentak-bentak orang saya lebih seneng nangis di kamar atau makan, makanya tiap kali saya seteres, berat badan saya gampang naik, maaf ya badan jadi nyusahin kamu. Saya ingat ketika bermasalah dengan teman kerja dulu, berat badan saya naik 3 kilo selama 5 hari, ini nuruninnya susaaaah
#eh?
Sekarang kalau tentang TA ini yang membuat saya merasa marah atau kecewa, yang saya lakukan malah senyum, kenapa?
Karena dulu, pas awal banget saua ”masuk” ke TA ini, saya pernah merasakan kecewwa, takut dan sakit yang lebih dari ini, sampai akhirnya saya nangis di pojokan mushola kampus, untung aja ada rekan setrika yang jadi pendengar baik saya.
Saat itu, saya yang tetiba disuruh ganti parameter sama pembimbing dan belum mendalami tentang parameter ini, tetiba harus menganalisa parameter ini besok, saya tahu diri saya bukan orang pintar, jadi sebenernya saya butuh banyak baca dulu sebelum analisa, tapi om ti yang besok sudah dibedah tidak bisa menunggu saya, saat itu saya cukup tenang ketika soulmate saya bilang, organ bisa disimpen kok, jadi kamu baca-baca dulu. Tapi ternyataaaaaa, di tengah saya baca-baca tetiba seorang berkata kalau analisa  sel itu harus hari itu juga. Saya yang memang dari dulu ndak suka diburu-buru jadi bingung sendiri, mau analisa di lab saya belum masukin proposal, ya gimana mau masukin proposal ke lab, proposal saya aja belum jadi, ini sepenuhnya memang salah saya, untungnya kaproyek saya mau menanggung saya, jadi analisnya membolehkan saya  untuk analisa disana. Standar analis ketemu peneliti geje seperti saya, dia marah-marah, yang katanya saya ndadak, dia ndak mau bantu, inilah itulah, saya terima, karena memang saya yang salah. Masalah besarnya adalah ketika saya ndak ngerti apa yang harus saya lakukan, simpelnya saya ngitung jumlah sel, tapi saya nggak ngerti sel apa yang dihitung dan cara hitungnya, tanya analis malah analisnya balikin ke peneliti. Dan hasil itungan saya kala itu adalah GAGAL TOTAL. Kalau sekarang gagal, apa besok saya berhasil? Saya tak yakin, makanya saya seteres, bingung yang pake banget, capek pula. Soulmate saya sudah sibuk dengan paramteternya, teman-teman admin pada pulang, saya benar-benar merasa sendiri dan paling bodoh serta merasa orang paling nggak sukses di dunia. Saat itu, sekitar jam 5, saya menyerah dan menangis di pojokan mushola kampus, bener ya kalo diinget-inget, kok berani gitu saya nangis di mushola lantai 2 yang sudah ndak ada orang sama sekali. Ini perbuatan yang saya sesalkan tapi juga bikin saya berhasil ngakak.
Banyak masa suram yang saya alami ketika penelitian TA ini, tapi paling suram ya pas pembedahan pertama yang pake nangis di pojokan mushola itu.
Sering saya merasa dipandang sebelah mata sama kaproyek saya, karena proposal saya yang ga sempurna, karena saya yang nggak bisa bantuin bedah tikus, karena saya yang perfusi tikus ndak bisa atau karena organ yang saya ambil ini menyusahkan pembedahnya. Saya pengen nangis, ndak kuat, pengen banget bilang ke kaproyek saya kalau saya ini lulusan gizi, yang dulu praktikumnya kebanyakan masak, bukan utek-utek tikus. Belum lagi nerima kenyataan kalau saya ini S2 tapi tugasnya Cuma nempelin solasi ke label yang ditempelin ke tempat organ, saya melabel aja ndak dipercaya sama kaproyeknya, beliau lebih nyuruh soulmate saya melabel, tapi karena soulmate saya ikut mbedah jadi kadang kalau ndak ada kaproyek saya dibolehin melabel. Bahkan kadang, saat ada organ yang ketelisut dan saya tak berhasil menemukannya, kaproyek sering mengritik cara saya menata organ, padahal saya sudah berusaha menata organ seperti penataan beliau, tapikan saya ndak apal label-label organ, jadi ya saya masih tak tahu tempatnya dimana. Tapi daripada saya mbela diri atau ngeluh yang tampaknya juga percuma, saya lebih milih buat belajar, belajar untuk bisa bantuin analisnya mbedah tikus, belajaar buat perfusi paru dan belajar ambil organ saya sendiri, meskipun akhirnya mas analisnya ndak minta bantuan saya, tapi saya tetep berusaha mengerti.
Dipandang sebelah mata kadang menyakitkan, tapi saat kita menjadikannya sebagai cambuk untuk belajar lagi itu bisa jadi cara yang paling efektif, menurut saya sih. Jadi makasih ya pak kaproyek untuk cambuknya J

Belum lagi saat saya merasa kaproyek saya ndak cocok sama saya, saat itu empat kalian saya mendapati kaproyek saya ndak mau ngomong sama saya, pertama ketika saya nanya kapan pembedahan, beliau bilang ndak tahu, tapi sesaat kemudian ada yang nanya beliau jawab lusa. Kedua ketika rekan menanyakan saya sudah beli alat apa belum, saya kira tumben rekan saya yang ini nanya, ternyata dia nanya karena disuruh kaproyek, ketiga ketika ada sms dari analis yang diperuntukkan ke saya tapi beliau ndak nyampein, alasannya nama saya dan nama rekan saya sama, jadi beliau pikir itu sms untuk teman saya, keempat adalah ketika ada pembedahan dan saya ndak dikabari, alasannya karena parameter ini ndak diambil, jadi biar cepet saya ndak usah dikasih tahu biar saya ndak dateng, tapi pas saya dateng beliaunya malah nanyain soulmate saya mana dan tampak sedikit kecewa karena saya datang tanpa soulmate saya, meski akhirnya beliau sadar kalau beliau yang salah karena bedah nggak kabar-kabar. Jujur ya, saya tersinggung lo, tapi saya mencoba kembali ke kodrat kalau saya ini bukan siapa-siapa dan beliau adalah yang punya kuasa, apalagi beliau punya uang. Salah saya juga sih saya ndak mau ngambil parameter yang diambil beliau malah ambil parameter yang menyusahkan saat pembedahan. Dan saya hampir percaya dengan kalimat kalau uang mampu membeli semuanya.
#bagian ini hanya perasaan saya
Karena menurut banyak orang, kaproyek saya ini baik, ramah dan menyenangkan

Saya juga pernah datang paling pagi, padahal janjian jam 6, tapi soulmate saya dan mas analis datang jam setengah 7, kaproyek sempet ngintip datang jam 7, dan mereka ngaret nggak ada yang pamit saya, padahal saya bela-belain ndak sarapan waktu itu. Tapi saya tahu diri juga sih, siapa saya sampe harus pamit ke saya? Haha. Berangkatnya ndak sarapan, jatah makan siang saya hilang dan sorenya janji nganterin temen ke rumah dosen, beruntungnya hujan saat itu, jadi temen saya maunya kita ke rumah dosennya jalan. Pengen banget ngomong ke temen ini saya belum makan daripagi tapi kayaknya dia ndak peduli deh, lagian saya sudah janji ini, jadi biar cilok sajalah yang ngisi perut saya.
Alhamdulilahnya saya bisa melewati masa suram itu, jadi sekarang tiap kali ada hambatan apa gitu, saya sering membandingkan dengan kejadian di pojokan mushola itu, makanya saya malah ngakak.rasanya sudah kebal dengan apapun yang terjadi.

Apalagi ketika saya nemu slide ini,


Kemaren saya sempet nemu slide yang isinya seperti itu, dan kalau disamakan dengan yang ada pada saya jadinya adalah saya bukan peneliti yang baik,
Motivasi tinggi, untuk bisa lulus, daya dorong saya tidak kuat karena saya tidak terlalu perhatian pada masalah pada penelitian ini, perhatian aja ndak apalagi pengen tahu, ndak blas. Kemampuan mengetahui dan menilai juga pas-pasan, tapi kemampuan beragumentasi kuat kok, kebiasaan ngeles soalnya. Untuk point ke tujuh, sepertinya belum sepenuhnya ada di saya
Pantes aja ya sesuatu yang sebenernya kalau saya mau saya bisa menyelesaikannya nggak selesai-selesai, ternyata itu penyebabnya
#eh?

Tapi tampaknya bukan itu penyebab TA ini ndak selesai, tapi karena TA ini tampak sulit, pake banget dan tampaknya saya terlalu sombong saat saya merasa, ndak ada yang sulit kalau kita belajar
Alhamdulilahnya disadarkan kalau saya terlalu sombong, jadi lain kali ndak sombong-sombong lagi, InsyaAllah
Mungkin benar ndak ada yang sulit kalau kita belajar, tapi ternyata orang punya batas kemampuan sendiri,dan inilah yang tidak saya sadari hingga akhirnya saya terkesan sombong. Dosen pembimbing 2 saya pas ujian proposal berkata, kamu kenapa harus sulit-sulit ngambil ini? Kamu dari gizi kan? Cari yang lebih mudah saja
Dengan keyakinan saya saat itu saya Cuma tersenyum sambil mbatin, semua sulit bagi saya dok tapi saya akan berusaha untuk belajar.
Temen analis saya juga pernah bilang, kamu itu lapo ambil parameter yang mbulet dan mahal, mending kamu ambil jaringan lalu tak bikinin slidenya, gratis wes.
Saya Cuma jawab, aslie aku juga ndak pengen ambil ini mas, tapi parameter inilah yang kayaknya ndak ngganggu parameter yang diambil kaproyek, ini aja udah 3x ganti parameter
Kayaknya yang dikatakan pembimbing dan teman analis saya bener, TA ini terlalu sulit untuk saya, dan saya bener-bener terlalu sombong saat saya bilang saya bisa, karena nyatanya saya ndak bisa. Dan karena semua sudah terjadi, tak penting lagi mencari alasan kenapa nasi menjadi bubur, tapi saatnya menjadikan bubur lebih enak dari nasi. Mungkin otak saya nggak sampai, tapi semoga nalar saya masih sampai, semoga kerajinan saya masih bisa membantu saya mengerti dan semoga saya bisa menyelesaikannya.

Semua yang terjadi dalam pengerjaan penelitian TA ini memang Cuma 49,5% yang membahagiakan, tapi saya bisa memilih untuk menikmati 49,5% itu dibanding merasakan yang 50,1%. Bahagia memang perasaan, tapi untuk merasa bahagi itu pilihan :)

Tidak ada komentar: