Kamis, 28 Maret 2013

Aksara jawa


Aksara jawa atau huruf jawa adalah suatu kebudayaan, jaman dulu masih SD sama SMP, pelajaran bahasa jawa masih diajarkan di sekolah, jadi sempet lah inget sama apal sama yang namanya aksara jawa. Tapi ndak berarti sekarang masih inget lo, banyak lupanya, bahkan kalau baca aksara jawa masih kudu mikir agak lama. Tapi adek saya, diem-diem masih apal aksara jawa, tiap saya nulis aksara jawa, entah bener entah salah, pasti adek saya bisa tahu apa yang saya tuliskan, standing applause deh buat adek saya yang masih inget bahkan sering benerin tulisan saya yang salah
Secara umum, aksara jawa itu seperti ini, sebelumnya maaf kalau harus melihat tulisan manis saya
#gagalnarsis





Aksara jawa itu kebanyakan ditujukan untuk vokal a, tapi aslinya, berdasarkan logat jawa, a itu oengucapannya o, jadi misal tulisan dina  (hari, red) tulisannya memang menggunakan vokal a, tapi dalam pengucapannya menjadi dino, seperti ini

Beda dengan tulisan podho (sama, red), karena tulisan dan pengucapan sama, maka aksara jawanya jadi

Untuk penulisan vokal lain, dalam aksara jawa perlu ditambahkan tanda-tanda ini



Aksara jawa ini agak susah lo, kalau misalnya ada huruf mati apa ya namanya, pokoknya yang memakai huruf mati saja tanpa huruf hidup setelah, maka nulisnya harus pakai pasangan, jadi kalau misal kita mau nulis ngasta (membawa, red) jadinya

Emang sih, kalau nulis aksara jawa lebih baik tulisannya dalam bahasa jawa, jadi kalau mau ingat-ingat aksara jawa, kudu ngerti bahasa jawa juga. Meski namanya aksara jawa, tapi saya ndak mengerti apa benar di seluruh pulau jawa aksara jawa sama seperti ini. Selain menggunakan pasangan, ada beberapa konsonan yang memang sudah ada dalam aksara jawa, jadi saat menuliskannya tak perlu pakai pasangan, konsonan itu yaitu


 
Jadi kalau misal mau nulis lidah, ngerti dan kesel jadinya

 







Ada lagi perkecualian untuk beberapa konsonan seperti


Susah juga ya aksara jawa?
Memang sih, makanya kadang saya ndak apal atau lola kalau baca aksara jawa, tapi kalau lagi di jogja, bisanya saya gampang bacanya, karena biasanya nama jawalan di jogja ada aksara jawa dan tulisan latinnya, mirip sama palang jalan di kepanjen ini


Lalu kenapa tetiba bahas aksara jawa?
Aksara jawa ini mampu membuat saya tersenyum jaman masih galau karena proposal yang bikin tiap malam di bulan november saya diisi dengan alergi yang selalu kumat. Saat itu, seseorang mengingatkan saya kalau jawa memiliki peninggalan budaya yang perlu dilestarikan, karena jaman sekarang sudah banyak yang lupa aksara jawa, jadi dia ngajakin untuk melestarikan budaya jawa  ini. Awalnya sih dia nantangin apa saya masih bisa baca dan nulis aksara jawa, ujung-ujungnya saya bisa tapi dianya ngaku ndak bisa.
Hiyaaaaaaaa
Pengen bilang, tiwas aku ngapalno dan ngebiasakno baca tulis aksara jawa, eh kamunya mek bilang kamu ndak bisa
Tapi ndak jadi deh, ndak ada kata tiwas atau terlanjur yang merupakan ekspresi menyesal karena ada unsur sia-sia. Karena meski akhirnya dia ndak bisa baca atau ndak mau baca atau ndak ngerti maksud aksara jawa yang saya tuliskan, paling endak saya masih bisa nulis aksara jawa (lagi), masih ngerti kalau aksara jawa itu sulit.
Herannya, adek saya mahir gitu aksara jawa, awal-awal belajar (lagi) nulis aksara jawa, saya masih banyak salah, yang harusnya pakai pasangan saya malah pakai pangkon, yang unilah, itulah, adek saya ngerti maksud saya tapi dia juga marahin saya kalau saya salah nulis, haha
Berkat belajar aksara jawa ini, alergi jadi ndak sering kumat lagi, karena tiap mulai seteres mikir tesis, saya nyari hiburan dengan belajar ini. Seru lo mempelajari sesuatu yang dulu kita bisa tapi sekarang lupa ini.

Jadi buat kamu, baca yaa







Tidak ada komentar: