Selasa, 15 April 2014

Nilai A

Salah satu alasan saya bersyukur pernah ada di RSJ adalah kita sekelompok dapat nilai A. Bukan hanya sekedar nilai sih, tapi lebih ke tentang rasa
#tsaaah

Banyak mahasiswa yang tentunya berharap mendapat nilai A, atau nilai sempurna. Tapi A bukan hanya tentang nilai yang tertulis, tapi juga tentang sikap.
Sejak menjalani PKL, saya menyadari A bukanlah nilai yang cuma tertulis di transkrip, tapi nilai juga tertulis dalam diri penilainya.Nilai A juga bukan hanya nilai kita tapi bisa ngaruh ke adik tingkat kita. Jadi jangan terlalu bangga dengan nilai A.

Saya ingat saya kudu berantem sama kakak tingkat waktu saya ngatain dia gara-gara dia angkatan di bawahnya sudah mendapat pandangan miring dari pegawai RS. Parahnya saya bukan organisatoris, jadi gampanglah ya mereka nyalahin saya, padahal saya cuma bilang, gara-gara Mas kita dipandang sebelah mata!
Ah nggak mau bahas itu, ujung-ujungnya Mas itu juga sudah saya delcon, haha

Waktu di RSJ dulu juga, angkatan sebelum kita yang PKL disana pinjem buku dan bukunya tidak dibalikin. Alhasil saya dan teman sekelompok tidak diperbolehkan meminjam buku lagi
*makasih lo kakak kelas

Awalnya susah untuk merubah pandangan negatif pegawai dengan kelompok kita, namun seiring berjalannya waktu, pegawainya ngerti kok mana yang tanggungjwab mana yang enggak. Mana yang bisa dipercaya mana yang nggak.

Waktu di RSJ dulu, ceritanya ada dua penilai, satu perempuan kita sebut Mama, dan satu laki-laki kita sebut om.
Si Om ini suka banget nyalahin saya, semua tentang kelompok kita yang dianggap salah biasanya saya yang disalahin. .
Pernah suatu saat beliau minta laporan, teman-teman kebetulan belum selesai, saya sudah, gitu saya masih dikatain, katanya kok bisa kamu selesai temenmu belum? pasti kamu yang salah
Pernah juga waktu beliau habis cuti 3 hari, wadah timbangan hilang, waktu itu entah siapa yang bertugas, pokoknya tetiba hilang aja, beliaunya nyuruh saya yang nyari sampai ketemu, padahal teman-teman saya banyak lhoo, huhu.Dicari dimana-mana tak tampak, secara ilangnya juga sudah lama dan sudah dicari ndak ketemu.
Sampai akhirnya beliau bilang, coba kamu lihat dibawah bak air, dan ternyata, di situlah wadah timbangan berada.
Ya kali kalau Bapak tahu ndak perlu nyuruh sama marahin saya Bapak -.-

Satu hal dari si om yang membuat saya tidak terima namun mengajari saya tentang tanggungjawab adalah ketika beliau hanya menjelaskan format laporan ke saya dan saya yang disuruh menjelaskan ke teman sekelompok.
Waktu itu karena kos-kosan ada semacam ruang keluarga yang bisa dipakai belajar bersama, maka kita ngerjain bersama di kos.
Cukup menyita waktu dan tenaga ketika harus menjelaskan dan memastikan kalau format laporan itu sama dan benar. Sayangnya waktu itu ada satu anggota kelompok yang lebih memilih tidur timbang ikut diskusi, alasannya adalah itu jam tidurnya.
Oke karena saya tukang tidur, saya terimalah alasannya, meskipun agak mangkel karena dia sedikit agak tidak bisa kerjasama tim.
Keesokan harinya, saat laporan terkumpul, saya dapet ceramah dari si om, katanya ada format yang salah, yang kebetulan yang salah adalah yang ijin tidur tadi. Herannya beliau marahin saya bukan marahin yang kerjaannya salah.
Ngerti nggak sih rasanya disalahin untuk sesuatu yang tidak dikerjain?
Tapi tidak mungkin juga saya bilang kalau yang salah itu dia ijin tidur waktu saya jelasin
Baiklah, dengan berat hati (sekali) saya nerima disalahin, beliau bilangnya, kalau ada teman kamu yang salah, pasti sa;ah kamu karena kamu tidak memberi tahu dia.
Kalau boleh jujur ya, saya pengen nangis, tapi tidaklah, bener saya yang salah, harusnya saya bisa membuat dia formatnya sama, meski saya kudu jelasin ulang, saya saja yang sudah mangkel jadi ndak mau jelasin ulang.

Lalu ketika laporan selesai, akhirnya dapat nilai A.
Meskipun nilai sempurna, tapi kadang masih kerasa sakit hati karena disalahin
Lebih nyakitin lagi ketika yang ijin itu dengan santainya bilang di socmednya kalau kelompok RSJ itu tidak menyenangkan
*Makasih lo yaa

Akhirnya saya paham, tentang arti nilai A
:)

Tidak ada komentar: