Selasa, 15 April 2014

Keluar Rumah Sakit

Entah karena keturunan atau alasan lain, sebenarnya saya agak takut ada di Rumah Sakit. Ayah saya juga begitu.
Di Rumah Sakit itu rasanya ada banyak sekali harapan yang belum tentu bisa terkabul. Ketika tahu ada harapan yang terkabul itulah yang membuat saya jadi takut ke Rumah sakit.
Harapan yang hampir sama dari tiap yang ada di sana adalah bisa keluar RS dalam keadaan sehat kembali. Dan biasanya setelah keluar dari RS, banyak yang akan menjadi lebih menghargai nikmat sehat, karena saat sakit, selain lemah tak berdaya juga ternyata bikin keluar banyak hal. Keluar RS pun masih harus banyak istirahat agar cepat sehat.

Di RSJ saya belajar, kalau ternyata penyakit yang menakutkan bukanlah penyakit fisik, paru-paru, ginjal, kaki, tangan, mata dan yang lainnya. Jauh lebih meakutkan adalah penyakit psikis.
Biasanya kalau sakit fisik, kita dibawa ke rumah sakit umum, kita sembuh bisa kembali berkumpul dengan orang lain dan beraktifitas kembali
Tapi kalau sakit psikis dan sampai harus dibawa ke rumah sakit, biasanya rumah sakit khusus atau rumah sakit jiwa, saat kita sembuh belum tentu orang lain atau bahkan kita sendiri bisa beraktifitas kembali.

Kalau ingat bagian itu jadi sering-sering Alhamdulilah.
Alhamdulilah masih sehat psikis dan fisiknya.

Jadi suka sedih kalau ada yang sedikit-sedikit bilang stres karena kebanyakan kerjaan, atau suka nyalahin orang lain cuma karena tak sependapat dengannya, atau yang suka meninggikan diri atau kelompoknya.
Karena secara ndak sadar,  kalimat seperti itu menunjukkan kalau psikis sedang tidak sehat.
Oke kesel adalah reaksi spontan yang timbul untuk sebuah kekecewaan, tapi ndak bijak lah kalau keseringen kesel masih ndak bisa mengendalikannya.
Tergantung sih, mau nyembuhin sendiri sakitnya atau kudu dibawa ke RS?
Setiap masalah atau apapun yang terjadi pada kita, pasti sesuai dengan kemampuan kok, jadi jangan mudah menyerah. Usahakan semaksimal mungkin.
Bosen? Refreshing
Capek? Istirahat
Ngeluh? Jangan di tempat umum

Tidak ada komentar: