Senin, 04 November 2013

Pengangguran

Setahunan yang lalu kalo ditanyain, kerja dimana sekarang, atau sekarang sibuk apa? Bisa jawab dengan lantang, jadi mahasiswi atau lagi sekolah.
Terserah si ya apa pendapat orang setelah saya jawab itu, yang penting bagi saya tampak keren gitu punya kerjaan, meski ga dapet "uang sendiri" si.
Sekarang kalo ditanyain, kerja dimana? Atau sedang sibuk apa? Saya dengan bangga bilang, lagi nganggur di rumah.
Awalnya si malu-malu gimana gitu pas jawab itu, cuma sekarang saya bisa dengan yakin dan PDnya bisa bilang itu, karena memang saya menginginkannya lama.
Saya belum bener-bener nganggur lo, sejak lulus kuliah, eh bukan, mungkin masuk kuliah.

Dulu pas kuliah sistemnya blok 3bulanan, jadi ampir tiap bulan pasti ujian, entah uts ataupun uas. Hampir tiap liburan semester genap selalu SP, jadi belum pernah bener-bener libur dengan tenang tanpa mikir apapun gitu.
Sampai semester 7 dan semester 8 sudah sibuk dengan pkl yang kerennya ndak pernah dapet di malang kotanya.
Lulusnya si per 5 Juli 2010, lalu pas itu teman baik saya ngajak ke surabaya, dia mau daftar kerja, kebetulan dia sudah ujian duluan, saya mengiyakan saja, toh juga saya mikirnya belum pernah "jalan-jalan" akhir-akhir itu. Eh ndak tahunya saya juga ditelfon sama salah satu tempat yang saya lamar, ada panggilan ke surabaya.
Jadi berasa kayak beberapa artis, nganter temen casting lalu dapet tawaran casting *bagian ini bisa diabaikan*
Pas itu pertama kali wawancara kerja, kebetulan kerjaan ini adalah kerjaan kontrak 10 bulan dan ada yang mengundurkan diri, jadi mereka butuh pengganti cepat. Saat itu wawancara, saat itu pula langsung diterima, tapi saya juga diberi waktu untuk berfikir.
Oia, jadi pas itu kita pp mlg-sby-mlg, dan karna lapar, kita makan di terminal bungurasih. Not recommended deh makanan disini, mahal, sekali makan bisa 20rb, padahal di daftar harga harunya cuma 10rb. Penjualnya ngelesnya bilang itu daftar harga lama. Sejak saat itu saya ndak mau lagi beli makan disana *subyektif*
Seminggu setelahnya saya sudah fix bergabung dengan kerja kontrak ini, sampai 3bulan selanjutnya.
 
Setelah kontrak berakhir, secara ndak sengaja sata ketemu temen sma, dan dia nawarin kerjaan lagi, kali ini kontraknya 2 bulan, alhamdulilah lolos (lagi). Meski kontrak 2 bulan, tapi akhirnya berjalan 3 bulan karena pas itu urusan laporan membuat banyak hal molor.

Sebenernya ndak ada yang nyuruh saya kerja, cuma sungkan aja kalo jadi beban ortu, dan ternyata beli sesuatu pake uang sendiri itu beda rasanya, makanya saya masih ketagihan kerja.
Pas itu, pas masi ubek2 laporan, saya mendapat panggilan kerja lagi, kontrak juga si, lalu saya berangkat tes, katanya kalo besok saya ndak dikabari saya gagal. Dan ternyata, saya ndak dihubungi, baiklah, mungkin waktunya saya liburan, pikir saya saat itu.
Tapi ternyata keberuntungan masi memihak saya, "saingan" saya yang diterima pas itu mundur, jadi saya yang diterima, kontrak awal tiga bulan, dan dengan segala jenis konflik saya berharap ndak ngelanjutin kontrak malah kontrak diperpanjang 7bulan. Sebenernya ada konflik yang membuat saya berkali2 pengen resign, tapi ndak dibolehi sama bos. Sampai akhirnya saya iseng daftar sekolah, eh ndak tahunya diterima, dan surat resign juga di acc sama bos.

Tapi herannya saya ndak bener-bener bersyukur, alhamdulilah bisa diterima kuliah, tapi ndak alhamdulilah pas saya jadi beban orang tua lagi, maaf ayah, maaf ibu.
Tabungan jaman kerja abis setelah sesemester kuliah.
Dan 2 tahun setelahnya ribet sama urusan sekolah dan sekolah, bahkan sekarang pas udah lulus juga masi aja belum kelar ngurusin sekolahnya. Tapi karna orang tahunya sudah lulus jadi sudah waktunya nyari kerja, makanya sekarang banyak orang yang kepo, "ngapain sekarang?"
Lalu saya jawab, nganggur dirumah.
Terserah si ya orang mau komen gimana, sudah ndak peduli. Awal2 dulu sempet sakit ati pas baik secara langsung atau tak langsung bilang, "eman ijazah kalo nganggur" atau pas ada yang nanya "kapan wisuda?" tapi sekarang si udah biasa aja, hahha.

Tenang, InsyaAllah saya pake kok nanti ijazahnya, nanti, sekarang pengen nganggur dulu.
Enak lo bangun tidur ndak kebebani sama kerjaan
Enak lo bisa weekend tanpa mikir besok uda mau kerja lagi
Enak lo pas ndak harus ngurusi konflik sama orang di lingkungan kerja/kuliah
Enak lo pas bisa kemana aja sesuka hati tanpa mikirin teman/bos
Enak lo bisa nulis, ngeblog, blogwalking atau ngenet sesuka hati
Enak lo bisa bobo' kapan aja
Ya masio kalo kelamaan semua juga jadi enek, tapi dinikmati dulu lah ya bagian enaknya dan dibuang bagian sakit karena komen-an orang. Toh mau dapet kerjaan sekarang juga di ktp masi tulisannya tidak bekerja.
Sebentar deh ya menikmati yang namanya bebas tanggungan,

Tidak ada komentar: