Selasa, 05 November 2013

Niat

Banyak yang bilang kalau segala sesuatu yang kita kerjakan tergantung niatnya, tapi terkadang niat aja ndak cukup untuk menentukan baik tidaknya sesuatu yang dikerjakan itu.
Misalnya saat kita hendak beramal. Terkadang saat melihat suatu kejadian yang menyedihkan kita sering terketuk hati untuk membantu sesama yang mungkin keadaannya tidak seberuntung kita, selain karena memang kita punya kewajiban juga sih.

Banyak cara menyalurkan amal kita, biasanya di atam suka ada orang yang katanya dari panti asuhan dan mampu menyalurkan bantuan kita, banyak rekening-rekening amal yang bisa kita transfer, bahkan mungkin banyak orang yang kurang beruntung yang datang sendiri ke rumah kita. Tapi apa iya amal sesimple itu?

Saya ndak menyalahkan cara orang beramal, itu hak dan atau kewajiban mereka, tapi saya hanya mengajak untuk lebih hati-hati agar niat amal kita tersampaikan secara baik dan penuh. Lha kalo niatan baik malah jadinya kayak gini gimana hayo?

Saat mau membantu orang lain, lebih baiknya diserahkan sendiri ke orang yang memang dari awal niat kita bantu. Saya jadi ingat jaman akhir tahun 2007 kalau ndak salah, pas bener-bener jadi korban bencana, korban banjir si lebih tepatnya, pas itu saya "minta" bantuan yang memang ditujukan untuk korban banjir aja ndak dikasih, kata teman-teman si saya bukan orang yang pantas menerima, mungkin karena mereka mikir saya bohong kali ya.
Waktu itu, banjirnya terjadi katanya karena tanggul dijebol warga lantaran warga kecewa sama pemimpin, jadi yang biasanya daerah tengah kota ndak banjir, akhirnya banjir. Sayang foto pas banjir ada di hape yang dijual.
Namanya banjir kiriman, jadi lumayan bisa dihitung, kalau dari Ngawi air naik 2 cm berarti 2 jam lagi rumah saya naik 2 cm airnya. Pas itu keluarga saya, keluarga depan dan samping rumah memang tidak ngungsi, kita bertahan di lantai 2 rumah masing-masing. Kita beneran kebajiran selama satu minggu kalo ndak salah, katanya si banyak bantuan buat korban banjir, tapi ndak ada yang sampai. Memang salah kita juga sih ya ndak mau ngungsi, dapur umum juga lumayan jauh. Lha tapi kalau semua ngungsi tempat pengungsian apa cukup?
Waktu itu dapet bantuan sekerdus mie instan, itu aja kudu diambil sendiri ke alun-alun, kata ibu si dikasinya sekerdus karena yang ngurusi bantuan pernah ngekos dirumah dan dibagi 3 keluarga yang ndak ngungsi. Mie instan aja, tanpa kompor dan airnya.
Alhamdulilah, ndak pake tapi si, cuma sejak kejadian itu jadi ngeh kalau mau bantu korban bencana, ndak hanya dengan ngasi bahan makanan aja, tapi mastiin alat masaknya juga masih ada. Alhamdulilahnya dulu pas banjir PDAM masih nyala jadi banyak stok air bersih, dan juga sempet ngungsiin tabung elpiji dan kompor ke lantai 2, jadi masih bisa makan. Kerennya, pas banjir mulai surut, pas itu juga PDAM macet.
Waktu itu bisa bertahan hidup dengan makanan stok dan makanan kiriman, kiriman dari saudara yang mau susah payah menerjang banjir cuma untuk nganterin nasi bungkus, nasi bungkusnya aja katanya sempet jatuh kena air, Alhamdulilah masih dapet nasi bungkus.

Pemberian bantuan ternyata bukan hanya sampai pada bantuan diterima orangnya, tapi apakah bantuan itu difungsikan sebagaimana mestinya.
Dulu sempat kerja dalam sebuah proyek tentang penanggulangan balita gizi kurang di sebuah kota dan juga pernah bikin proyek saat kkn juga yang slah satu upayanya adalah dengan pemberian formula untuk meningkatkan berat badan. Tapi setelah beberapa hari saya lihat masih belum ada kenaikan berat badan. Ada selentingan yang bilang kalau bantuan tidak dikonsumsi anaknya dengan beberapa alasan.

Jadi segala sesuatu memang tergantung niatnya, saat kejadiannya ndak sesuai niat ya diintrospeksi dulu apa sudah benar niatnya, karena kalau niatnya baik apa ndak lebih baik pengerjaan niatnya juga sebaik niatnya? Kalau niatnya mbantu sesama lewat orang lain atau organisasi lain, ya dipastikan dulu bagaimana orang atau organisasi ini menyampaikan amanahnya. Apa niat yang sudah baik ini tersampaikan dengan baik pula.
Ada seorang teman bilang, urusan mereka lah bantuan ini mau diapain, yang penting niatku baik dan Allah tahu itu.
Saya ndak menyalahkan, orang punya cara sendiri-sendiri mengerjakan niatnya, tapi lha kalo niatnya beramal salah sasaran gimana?
Balik ke individu masing-masing sih, cuma bisa mengingatkan saja, terkadang niat baik belum tentu sampainya baik juga. Niatnya mbantu tapi malah nyasar.
Oh iya ada satu lagi pesen, gajah dipelupuk mata tak tampak tapi semut diseberang lautan tampak. Kadang ada beberapa orang yang lebih memperhatikan orang yang jauh disana daripada yang deket disini cuma karena sebuah pemberitaan.
Terkadang memang niat belum mencakup semuanya meski memang segala sesuatu tergantung niatnya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

jadi kau niat mijitin gue kagak sih?
#eh

sepenting2nya niat, kalau ndak ada kemauan yo gak jalan,
misal, aku... eh gak jadi... kamu, lagi di atas genteng, mendadak niat ke kamar mandi tapi gak ada kemauan turun dari genteng,
apa yang terjadi?

*disate gara2 ngomentar geje di lapak orang*

dhiyan kisno mengatakan...

haha, setujuuu, niaynya mandi ga mau ke kamar mandi ya ga mandi-mandi

ih aku pernah dikatain pengamen di bis, mbak ini percuma berjilbab kalau ndak mau amal

aku cuma senyum sambil mbatin, amalku buat yang bener-berner membutuhkan aja, kalau mas belum tentu buat makan, kalau buat rokok malah bahaya