Jumat, 08 Februari 2013

nice day


Hari ini, sama seperti hari sabtu biasanya anak kos, temanya bersih-bersih.
Eh iya ga si? Meski bukan resmi anak kos-kosan, tapi biasanya di kosan ini kalo sabtu pasti banyak yang nyuci.
#salah kesimpulan

Hari ini, setelah semingguan merenungi nasib, akhirnya saya keluar rumah dengan tujuan refreshing, dan membuang sementara beban-beban yang bikin manyun kalo diinget. Rencananya hari ini saya mau ke rumah mas saya di daerah pakis sana, rumah ini, entah tipe berapa, isinya itu cuma 2 kamar, 1 kamarmandi dan 1 ruang tamu, jarang banget dibersiin, didatengin aja jarang, sampe rumah yang belum ditempati ini jadi kayak sudah mau ambruk aja.
Karena emang niatnya emang bersih-bersih, sambil ngemodus pengen nempatin rumah ini juga si, dari rumah saya bawa air 3 botol air mineral besar, karena ga yakin si kalo disana airnya uda ada dan juga bawa sapu, koran, tisu, alkohol, sabun.
*niat banget*
Jadi berasanya tu saya mau kemping, bawa tas gedhe banget.
Jarak dinoyo-pakis itu 16an km, berangkat mendung bikin cukup was-was sampe sana ujan, tp ternyata Alhamdulilahnya disana ga ujan, cerah banget malah.

Sampe sana, rumahnya tampak jeleeeeek banget, secara seblok rumah ini dan blok depannya ditinggali semua, jadikan kerawat, sementara rumah ini nggak kerawat sama sekali, mau moto malu sama tetangga, jadi saya nggak punya foto beforenya :p
Parahnya, pintu rumah mas saya ini ndak bisa dibuka dari depan, jadi saya lewat pintu belakang, alhamdulilahnya masi bisa, masio harus melewati rerumputan yang cukup tinggi.
Masuk rumah satu kata, wauw, rumah ini, beneran de ga keurus, kasian, jadi beneran pengen nempatin.
#eh?

Awalnya saya bingung ini bersiin rumahnya gimana, disapu juga masi belum bersih, akhirnya saya siram pake air lalu saya sapu, malah tambah kotor
*ketahuan ga pernah beresin rumah*
Takut air ga cukup akhirnya saya nyoba ngepel pake kain lap yang ada di motor saya, lapnya dikasi sabun dikit lalu saya pel, tapi malah makin kotor, ini diapain cobaa. Sambil mikir saya nyoba ngelap lantai yang sudah saya siram pake air dan dilap pake lap yang dikasi sabun dengan tisu. Bersih loooo
Jadi akhirnya begini alur bersihinnya
Lantai disiram air, lalu disapu biar airnya agak rata, terus dipel pake kain yang dikasi sabun, pas ampir kering semprot alkohol baru dilap tisu. Tisu lo, jadi butuh banyaaak banget tisu.
Harusnya pake lap si, kotor lalu dibilas, berubung ga bawa air banyak, jadi daripada bilas2 lap mending pake tisu aja.
Ada 3 jendela di rumah ini, saya buka semua biar seger, dan pintu depan dan belakang juga saya buka biar anginnya semilir. Setelah kamar depan beres, saya mulai ngepel ruang tamu, karena ngepelnya pake tisu dan takut diledekin tetangga, saya tutup pintu depan dan sambil ngesot2 ngepel lantai. Tetiba muncul sesosok seperti laki-laki dewasa di depan pintu, mengagetkan saya dengan bilang,
Yang punya rumah mbak?
*masi ngepel pake tisu sambil ngesot*
Adiknya Pak, eh maksud saya, saya adeknya yang punya rumah
Oh, rumah kalo ndak ditempati rusak ya mbak
Iya Pak, makanya ini saya bersihin
Eman Mbak, rumahnya jadi rusak gara2 ndak ditempatin
Iya Pak
Atau dikontrakin aja Mbak, biar ada yang ngurus rumahnya, kemaren2 banyak yang nanyain, tapi saya lupa nomernya yang punya
Iya ya Pak, ini paling mau ditempatin kok 2bulan lagi, bapak sendiri tinggal dimana?
Di depan mbak
Sudah lama?
Setahunan lah
*masih ngesot2 sambil ngepel*
Ya ni orang daripada ngajakin ngobrol mending bantuin ngepel napa, ato minjemin pel2an.
#eh?
Tetiba pula orangnya ilang, itu tadi orang apa bukan ya? Tetiba dateng tetiba ilang. Mana di belakang rumah ini rumah masa depan lagi, jadi sedikit horor =D
Abis ngepel saya buka pintu depan, uda ga malu lagi dong, ngesot sambil ngepelnya uda selesai, jadi waktunya motongin rumput depan. Karena ga bawa piso/arit, saya motong rumput pake gunting biasa, jadi berasa motongin kertas gitu. Tapi masi sambil ndoprok di depan juga.
Enak-enak main gunting tetangga depan nyeletuk, mau ditempatin mbak rumahnya?
Ndak Pak, dibersiin aja kok
Ni tetangga kenapa pada kepo semua ya? Ga pernah liat orang bersiin rumah apa ya? :p
Beberes rumah selesai saya pulang. Sebenernya belum full selesai juga si, orang rumput belakang masi belum dipotong, rumputnya tinggi dan tebel soalnya, jadinya guntingnya ndak kuat, besok aja deh ngajakin adek saya. Lagian awan di daerah malang tampak gelap si, takut ujan jadi pulang duluan

Oia, jadi karena mas saya penasaran sama rumahnya, saya disuruh moto2in rumah ini. Dan tetangga disini bikin saya malu foto2 rumah ini, abisnya diliatin si, berasa teroris sayanya :(

Baru sampai daerah wisata wendit ujan uda mulai deres, langsung wes pake jas ujan. Herannya ni ya, saya senyum2 sendiri sejak keujanan. Rasanya tu uda lama ga ujan-ujanan, jadi sekalinya ujan-ujanan bahagia. Apalagi ujannya lumayan deres, dan perjalanan masi jauh, bakalan lama ni main ujannya. Dan nggak lupa, tiap ujan itu waktunya nambah doa!:)
Kayaknya si daerah blimbing uda lama ujannya, jadi banjir dimana-mana, dan saya malah seneng liat banjir, malah dengan sengaja naruh kaki di genangan air alias kecek. Sempet-sempetnya gitu di tengah macet saya malah kecek.
Padahal malang kayaknya lagi repot sama banjir dimana-mana lo, khususnya pertigaan belimbing sama daerah depan carefur, banjirnya sampe bikin jalan ditutup dan bikin macet. Sayanya malah kecek sambil liatin sumber banjir. Alhamdulilahnya saya ga kena macet, masi bisa melimpir di pinggir-pinggir maksudnya. Bahkan suhat ke arah dinoyo yang biasa rame aja ini lumayan sepi lo.

Lalu dimana letak nicenya hari ini?
Sayanya si ndak ngerti sebelah mana, padahal biasanya paling males bersiin rumah, tapi ini saya malah seneng bisa bersiin rumah mas saya. Mungkin karena pengen tinggal di rumah ini kali ya? Jadinya bersiin rumah malah bikin seneng. Apalagi pulangnya sempet ujan-ujanan dan kecek lagi.
Ternyata bahagia itu pilihan. Ketika kita memilih untuk tersenyum dan meyakinkan diri bahwa beban yang kita miliki itu bisa kita tanggung dengan baik maka kita bisa bahagia.
InsyaAllah.
Bukannya lari dari masalah si, cuma meyakinkan kalau masalah ini bisa saya atasi, jadi meski bukan hari ini saya menyelesaikannya, tapi saya akan mengatasinya saat waktunya sudah tepat, sekarang senyum dulu, merefreshkan pikiran dan melupakan sejenak beban yang ada
#lebay
Alhamdulilah, terimakasih untuk day yang nice ini. Dan semoga dikabulin permintaan buat bisa tinggal di rumah ini
Amiiiiiiin

NB : nice daynya cuma 3/4 hari ternyata, sisanya berganti 180 derajat gegara abis beresin kamar adek saya, kamarnya dikunci eh taunya dibuka dan diberantakin sama mantan temen sekamar adek saya, dan itu berhasil bikin saya manyun.

Tidak ada komentar: