Rabu, 01 Agustus 2012

Tawaran Untuk Jatuh Ke Lubang yang Sama?

sumber gambar: http://www.stykz.net/blog/2009/02/


setiap orang pasti pernah terjatuh, apapun alasannya
Entah jatuh sendiri
Entah dijatuhkan
Intinya sih terjatuh karena kitanya yang ndak bisa menjaga keseimbangan tubuh kita sendiri

Herannya, saya ditawari untuk terjatuh di lubang yang sama
WOW
emang saya sebodoh itu ya?

tulisan ini mungkin terkesan saya kesel banget sama sesuatu, ya emang si kesel, cuma esmosinya uda semalem kok, jadinya kan ga batalin puasa saya hari ini
#semoga

Dulu, ada sebuah lowongan pekerjaan di sebuah departenen
saking canggihnya, semua pelamar yang lolos tes administrasi namanya di masukkan ke sebuah web
Yang lolos tes administrasi, selanjutnya harus mengikuti tes wawancara
 Kebetulannya saya lolos tes administrasi
Seneng? Pastilah
Dan saat itu, saya sama sekali ndak ada pemikiran negatif dan bahkan menolak semua komentar negatif dari teman-teman saya
yup, menurut beberapa teman, sudah biasa dalam "pencarian pekerja" di departemen ini ada yang namanya jalan lain, ya seperti peribahasa, banyak jalan menuju departemen ini, eh salah, banyak jalan menuju roma
(roma ya, bukan romadhiyana, #eh?)

Saat itu sih nungguin panggilan tes wawancaranya mulai saya gemuk, kurus sampe gemuk lagi
agak lama dari waktu pendaftaran, yang menyebabkan saya was-was untuk pulang ke kampung saya, dan saat saya hopeless, saya memutuskan balik ke kampung dan mengikhlaskan, dan baru aja menikmati tidur di kasur saya, saya dapet panggilan tes wawancara
(abaikan paragraf yang ini, red)


Di saat tes wawancara, kalo ga salah inget si ada 16 orang yang dipanggil dan 12 orang yang dateng untuk memperebutkan 10 posisi di departemen itu
suasana wawancara seperti wawancara kerja biasa
dan lagi-lagi, ndak ada kepastian kapan pengumuman


emang ya ini departemen aneh deh kayanya, serba geje gituuu
oia, mumpung inget, yang lebih geje lagi, ada salah satu interviewer yang bilang ke salah satu pelaar, kalo kamu nanti keterima disini, itu berkat saya ya, berkat rekomendasi saya
whaaaat?
seriusan?

Perasaan selama ikut interview kerja saya ndak pernah mendapatkan pernyataan itu de, ah mungkin perasaan saya saja

#abaikan

oia, gejenya lagi itu pas ternyata pengumuman hasil; tes administrasi dan tes wawancara itu via web, dan ga ada yg bilang kalo kita harus mantengin web yang kadang hidup segan mati tak mau itu
#eh?
maksud saya jarang aktif gitu webnya


Sampai akhirnya beberpaa puluh juta tahun setelah tes wawancara itu, ndak ada pengumuman, ndak ada telpon, ndak ada kabar
moro2 saya mendapati salah satu saingan saya apdet status di sosnetnya bahwa dia sedang training
WOW
kalo dia ketrima dan saya ndak dikabari, berarti saya ndak ketrima dong?
dan saat butuh 10 orang dengan 12 pelamar, berarti diantara sekian banyak itu saya yang terbuang dong?
#melas
#kasian

saya ikhlas kok
kan memang ndak semua yang kita usahakan bisa sesuai harapan, mungkin memang belum waktunya!:)

tapiiiiiii
ada hal yang menggelitik saya 
Ternyata itu, departemen ini hanya menerima 5 orang saja
tapi yang akhirnya menduduki posisi itu ada 6 orang
kok bisa ya?
padahalkan biasanya kalo ada dua orang bukan muhrim barengan, akan ada orang ketiga yaitu setan, ini ada 5 orang kok jadinya 6orang?
pake teori apa si inih?
Dan orang keenam itu bukan setan looo, manusia juga kok

Saat saya tanyakan kenapa dia bisa duduk di posisi itu, jawabannya adalah

soalnya dia dulu sudah dikontrak dan sekarang kontraknya diperpanjang
awalnya si saya percaya
bukan apa-apa, cuma berusaha berbaik pak sasangka saja, eh maksudnya berbaik sangka
cuman bukan saya kalo langsung percaya
saya tanya ke teman lain yang kebetulan sebelumnya dikontrak untuk posisi yang sama
katanya sih ada memang pemanjangan kontrak, tapi harus ngurus ini itu, panjang deh ceritanya
Okee, mungkin memang si orang keenam itu masuk lewat jalan yang itu
Tapiiiiii
#sek gag terimo ae
Kenapa ya kalo memang cuma butuh 5, saat wawancara bilangnya butuh 10?
Kenapa ya kalo memang diumumin di web sebelumnya ndak pernah dibilangin seperti itu?
Dan kenapa ya? kalo memang sudah ada satu orang yang sudah pasti menempati posisi itu, ndak diumumin dari awal?


Ah, sudahlah, ikhlas2!:)


Kemaren tiba-tiba seorang dari departemen itu kembali menawari saya
ada perekrutan posisi itu lagi lo, kamu ga daftar?
Saya menyebutnya itu adalah tawaran untuk jatuh ke lubang yang sama
kenapa?
karena jikalau nanti saya ndak diterima, pasti alasannya sama
pasti akan ada beberapa gelitikan lagi seperti sebelumnya
 
Kok saya ditawarin seperti itu ya?
Emang sebodoh itu ya saya sampe dipikir bisa jatuh di lubang yang sama?
Iyasih
Toh nyatanya kemaren saya disuruh jadi satpam sukarela sama departemen itu mau-mau aja
disuruh bantuin ngerjain tugas orang di departemen itu juga ikhlas-ikhlas aja


Mungkin saya memang bodoh, tapi untuk jatuh ke lubang yang sama, ndak lah, setelah jatuh saya akan coba lebih ati-ati ko



Intinya si, saat akan melamar kerja pelajari bener-bener tentang tempat kerjanya dan semua tentangnya
webmya, kebutuhannya, interviewernya, jobdesc dan kalo bisa sih jalan belakangnya jugaa
Dan yang terpenting, saat yang ini bukan untukmu, pasti akan ada tempat lain yang mau menerimamu apa adanya dirimu
Jangan patah semangat nyari kerjanya!:)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

yaudah si yan..
masuk sama aku aja di m*kro XD