Senin, 06 Agustus 2012

Betul = Benar ?

Benar menurut salah satu kamus Bahasa Indonesia berarti yang sesuai sebagaimana adanya
Betul, masih menurut kamus yang sama, berarti sesungguhnya
Sering dua kata itu diidentikan dengan arti yang sama atau disebut sinonim, dua kata yang memiliki makna hampir sama atau sama
Tapi, yakin mereka semakna?
Saya lebih senang menggunakan kata benar dibandingkan betul
Bukan dari kebakuan bahasanya, tapi karena saya lebih menyenagi kebenaran daripada kebetulan

Dua kata itu, saat mereka diberi imbuhan ke-an yang berfungsi membentuk kata benda dan akhirnya memiliki makna hal atau keadaan, menjadi memiliki arti yang berbeda jauh
Kebetulan lebih dikhususkan ke suatu keadaan yang tidak sengaja
dan kebenaran lebih ke sesuatu yang sesungguhnya terjadi, bukan secara tidak sengaja

Berasa ngasih pelajaran bahasa indonesia,bisa-bisa diprotes lagi saya kalo memberi informasi yang salah
*kabur*

Intinya si mau memberikan pandangan bahwa kebetulan itu belum tentu kebenaran, meskipun betul = benar

Saat kita lapar dan berdoa ingin medapatkan makanan yang enak misalnya, lalu ada pedagang bakso lewat, apakah bakso itu sebuah kebenaran atau hanya kebetulan dari doa kita?
Tak kan ada yang tahu
Bisa saja yang benar adalah mie ayam yang lewat sejam setelah bakso lewat
Bisa saja memang bakso adalahsebuah kebenaran jawaban dari doa kita

Kalo menurut saya si, mungkin perlu dikaji dari semua sudut pandang yang ada, apakah kejadian itu sebuah kebenaran atau kebetulan
Tapi ngajinya gimana ya?
Entahlah, saya juga masih bingung kok
*kabur*

Menurut sahabat saya si, kebetulan itu juga masih sama dengan kebenaran kok, cuma alasannya aja yang masih belum ketemu

Lepas dari semua itu, apakah itu kebenaran ataukah kebetulan, jika keadaan itu baik adanya, bersyukur dan menikmatinya akan membuatnya semakin bermakna. Karena tiap kejadian yang terjadi dalam hidup kita, pasti akan ada hikmahnya

Tidak ada komentar: