Sabtu, 29 Maret 2014

Mencontek II

Mencontek itu banyak caranya, ada yang menulis kecil-kecil bahan ujian di kertas, di meja, di tangan atau dimanapun yang bisa dipake nulis, ada juga yang males nulis jadi langsung naruh buku di laci meja. Ada juga yang dengan PDnya minta bantuan dari teman di depan, kiri atau kanan.
Dari cara-cara diatas, mana yang dosanya paling besar?

Masih tentang pengalaman nyontek, kali ini saat saya masih smp.
Jadi untuk meminimalisir siswa yang nyontek, maka sekolah saya waktu itu memberi kebijakan, anak kelas 1 sebelahan sama anak kelas 2.
Dan saya, entah bernasib baik atau kurang baik sebelahan sama orang ini, tapi saya sadar ada sesuatu yang mengubah saya
#halah

Jadi sebut saja sebelah saya ini si qaqa, qaqa ini konon katanya orang paling pinter seangkatannya. Kebetulan dia saudara jauh teman saya jadi ya lumayan lah ga terlalu asing dengan dia. Kita tak berkenalan langsung tapi sepertinya saling intip nama di lembar jawaban.
Di hari pertama qaqa ini bilang, nanti kalau kamu ada yang nggak bisa njawab, tanya aja, siapa tahu aku bisa, nanti kubantuin.
Dia sering liat lembar jawaban saya dan ngeliat mana yang belum selesai dan dia baca soal saya.
Sebenernya saya si seneng, berasa punya kakak beneran, tapi tetep saja, denger kata itu saya panas, bahkan ngerasa qaqa ini sombong pake banget, dan diantara rasa penasaran dan pengen ngetes qaqa ini, saya mulai (pura-pura) nyontek.

Waktu itu pelajaran sejarah, saya males nulis jadi naruh buku di laci meja.
Saat mulai kesulitan, tangan kanan saya megang pulpen dan nulis, tangan kiri saya buka buku di bawah. Ya karena semalem saya belajar jadi saya tahu lah ya dimana halaman letak jawabannya.
ini jelas bukan gambar asli, secara aslinya saya cewek kok, gambarnya dari sini ya
Tangan kiri lagi asik buka-buka buku, tetiba kepala saya dipegang dan dielus sambil bilang, 
Qaqa :  kamu itu, timbang nyontek dengan cara gitu, dosa, mending sini kuajarin, aku masi inget kok materi sejarah kelas 1.
Saya diem, si qaqa ini beneran yaa mirip kakak saya.
Me: bentar de qa, aku nyontek buku sama nyontek kamu sama-sama dosa deh, mending kukerjain sebisanya
Qaqa: Ya tapi timbang dosanmu makin gedhe karna liat buku mending aku ajarin
Me: Enggak deh, makasih

Sejak saat itu saya mulai mikir dosa kalau nyontek, timbang nyontek mending dikerjain sebisanya, haha. Tapi kalau untuk PR boleh kali ya nyontek, asal nyonteknya masih sambil mikir.
Selanjutnya saya ndak pernah sebangku lagi sama qaqa, qaqa alhirnya lulus dan jadi peringkat 1 paralel serta peraih danem tertinggi seangkatannya. Sayang saya belum bisa nyamainnya karena saya masih 10 besar paralel dan tiga besar peraih danem tertinggi.

terimakasih qaqa dengan sepeda mini warna merah dan lampu belakang pecah bentuk lingkaran :)

Tidak ada komentar: