Sabtu, 29 Maret 2014

Mencontek I

Selama ini pernah nyontek?
Nyontek salah nggak sih?

Jadi inget kejadian jaman kelas 1 sma dulu, sepuluh tahunan yang lalu kali ya
Waktu itu, tiap kali ada PR dan jawabannya terlalu sulit untuk di jawab, maka pagi harinya pasti akan ada prosesi nyontek di kelas.
Bukan berarti temen-temen sekelas kurang pintar si, tapi memang karna soalnya terlalu keren, jadi hanya ada beberapa yang bisa mengerjakan. Waktu soalnya terlalu keren sekali, malah yang bisa ngerjain bisa diitung pake jari tangan kanan.
 gambarnya bukan gambar sebenarnya, ngambil dari sini

Biasanya soal fisika, matematika dan kimia yang seperti itu adanya.

Untuk beberapa yang sudah melambaikan tangan ke kamera, maka mereka akan langsung menulis sesuai dengan sumber mereka.
Pernah saat saya nyontek bareng temen saya dan saya masih tampak mikir dia bilang seperti ini,
Teman : Kamu itu nyontek tinggal nulis aja lama
Me : Lho ya harus, masio nyontek harus mikir, jadi kita tetep pinter masio nyontek
Teman : Lho ya ga bisa, namanya juga nyontek, ngapain mikir? Kalau kamu bisa mikir ngapain nyontek
Rasanya itu mak jleb, lha tapi kalau mikir mentok ga bisa lalu gimana? daripada nggak ngerjain makin salah kan mending nyontek, tapikan nyontek juga ga selalu harus terima apa adanya kan?

Selanjutnya ada kejadian yang bisa njawab pertanyaan si temen itu, yang menunjukkan kalau nyontek itu tetep harus mikir
Pernah suatu ketika saya jadi sumber dan ketahuan oleh guru, berasa jadi terdakwa. Haha

Waktu itu di sebuah soal ternyata ada satu variabel yang tidak disebutkan dalam soal, lalu karena soal sudah pernah keluar tahun lalu, saya tahu angka variabel itu. Saat itu ada seorang teman yang disuruh maju dan Bu Gurunya bingung, kamu nemu variabel itu darimana?
Entah bagaimana jawaban mereka terus tetiba saya jadi sumber terakhir, dan ibu itu mulai curiga sama saya.
Untung saya pinter ngeles,
Me: Itu Bu, karena kalau dikasi angka itu nilai akarnya bulat positif
Beliau (tampaknya) masih curiga dan bilang,Bu Guru :  kenapa ndak seperempat? Kan bisa juga?
Me: Ya kan biar bilangannya bulat Bu
Akhirnya ibu guru menerima alasan saya

Jadi ya masio nyontek kudu tetep mikir, bukan untuk orang lain, tapi untuk tanggungjawab diri sendiri, karena apa yang kita tulis harus dipertanggungjawabkan nantinya

Tidak ada komentar: