Rabu, 05 Juni 2013

Senyumnya (sedang) Nyasar

Semingguan yang lalu, senyum saya sempet nyasar, tepatnya 45 jam senyum itu nyasar, entah kemana, yang dateng malah air mata. Kalo ditotal si, ada kali ya 12 jam nangis, 24 jam tidur dan 9 jam manyun, ya kalau 24 jamnya ndak tidur, saya bakalan nangis juga kali ya.

Waktu itu, saya hanya berusaha menyelesaikan salah satu kewajiban saya kepada orang tua, menyelesaikan sekolah, yang hanya tinggal satu tugas akhir saja. Berhubung kebijakan terbaru itu harus mengirimkan jurnal biar bisa ujian tugas akhir, saya dua minggu ini sering banget nongkrong di ruang pembimbing pertama saya, nungguin beliau mau tandatangan surat pernyataan publikasi jurnal. Tapi bukan mahasiswa kalau tak pernah ditolak, ampir tiap dateng beliau minta revisi, sampai akhirnya, hari ini, setelah beberapa kali ngadep, saya dapet tanda tangan, aaaaah beliau langsung terlihat keren.

Senyum saya mulai nyasar ketika seseorang menghancurkan mimpi saya
*sedikit lebay*
orang berhak punya mimpi, kalau dia bermimpi dan saya juga bermimpi tapi mimpinya beda, gimana dong?
satunya kudu ngalah, dan saya belum bisa nerima kekalahan aja, makanya senyumnya nyasar selama itu.

Saya punya orang tua, yang alhamdulilahnya bisa bayarin saya sekolah, dan analisa penelitian. Ya saya tahu diri saja kalau saya kudu menyelesaikan kuliah semester ini, dan semester ini tinggal sebulanan kali. Mimpi saya adalah saya bisa shp semester ini, sisanya semester depan ndak papa lah, pokoknya semester ini atau bahkan bulan mei ini harus shp. Tapi mimpinya dihancurkan hanya dengan sebuah kalimat, jangan ke kirim jurnal ke jurnal Indonesia, sini ke jurnal Internasional saja
bukan saya ndak mau ke internasional. tapi untuk menginternasionalkan (baca: menulis jurnal dalam bahasa inggris) jurnal saya, saya butuh waktu yang lebih lama daripada jurnal bahasa indonesia saya yang sudah siap dikirim.
Konyolnya bahkan saya sempet nangis di kampus. Oh no, kirain scene nangisnya udah cukup pas nangis di pojokan mushola dulu, ternyata ndak, kali ini nangis lagi, dikampus lagi. dan disambung di rumah, dari jam 12 sampai jam 12, kepotong pas tidur si, jadi ngantuk nggak ngantuk saya tidur, karena saat tidak tidur saya nangis.
Saya cuma ndak mau semakin membebani orang tua saya, meskipun saya juga sadar kalau saya nangis juga saya masih ngebebani orang tua.
hopeless, kesel, marah, depresi, manyun, nggak bisa senyum, bbm/sms aja nggak pake emoticon dan bahkan jadi males ngomong, sama siapa saja, sampe adek saya bingung saya kenapa.
minggu depan sudah pekan sunyi, dua minggu lagi ujian dan setelah itu libur semesteran, pembahasan masih bahasa indonesia, secepat apapun saya menyelesaikan tetap nggak bakal selesai, saya tahu diri dengan kemampuan saya.

Sambil nangis, sambil bikin  puisi saat itu,
Mereka bilang aku tak punya Tuhan
Ketika aku menyerah pada keadaan
Mereka bilang aku tak punya Tuhan
Ketika aku tak terima kenyataan
Mereka bilang aku tak punya Tuhan
Ketika aku kehilangan harapan

Iya, saya seperti tak punya Tuhan kalau saja masih menangis, tapi tiap mencoba untuk memulai, saat itu juga saya putuskan untuk menyerah .
Sampai akhirnya saya mendapatkan wejangan dari my klepto mate ,
kalimatnya simpel, sayang nggak discreen capture
dhiyan, nggak ngedapetin yang kita pengen itu sakit rasanya, tapi kita nggak boleh ngeluh, kita nggak boleh menyesali pilihan kita. kalau kamu bilang seandainya saat itu kamu milih ini pasti akan terasa lebih baik, ya kamu nggak bakal maju. Aku juga pernah jadi kayak kamu, telat lulusnya, tapi apa? aku ketemu temen yang baik, karir yang aku sukai dan bahkan jodohku, lalu menurutmu aku menyesal lulus kuliah telat? Aku bisa milih buat nyesel, tapi aku lebih memilih bersyukur.
Sebenernya ni ya, saya masih mau ngajak debat kleptomate ini, tapi entah kenapa, kalimatnya itu justru bikin senyum saya yang nyasar balik lagi
Ngakak bahkan
Saat itu pula saya setuju dengan kalimat dalam sebuah film, biarkan bintang menari kalau nggak salah. ada kalimat bahwa, saat teman jatuh, teman lainnya nggak perlu ikutan jatuh, bukan karena dia tak syang sama temannya, tapi justru karena dia sayang, makanya dia harus tetap di atas, biar bisa nolongin temennya yang lagi di bawah.
kleptomate ini ndak pernah marah saat saya dulu nyuruh dia cepetan lulus, bahkan sampe ngatain dia nggak sayang sama ortunya, kayaknya kemakan omongan deh saya :p
*peace klepto mate*

Mimpi akan tetap jadi mimpi kalau kita ndak berusaha mewujudkannya
Mimpi akan tetap jadi mimpi saat kita berhenti mengejarnya hanya karena satu sandungan
Ada sandungan belum tentu karena mimpi itu tak sempurna
Tapi karena sempurnanya lah kadang mimpi itu jadi banyak rintangan
Kamu bermimpi, kamu pula yang mewujudkannya
Mimpi butuh kamu, semangatmu, doamu dan tentu Allah yang membuatnya terwujud
Sekali kamu menyarah, saat itu pula mimpimu punah

Dan sekaraaang, Alhamdulilah, jurnal sudah diterima jurnal internasional, sekarang dalam tahap reviewer, semoga 3-4 hari ke depan ada kabar baik.
Kalaupun kabarnya ndak baik, ya semoga ndak nangis nonstop lagi, keseringen nangis bikin pusing lo.

Satu hal penting yang saya pelajari ketika senyum saya nyasar adalah saat saya berani bermimpi, saat itu pula saya juga harus siap dengan semua rintangan, bahkan ketika harus jatuh dari tempat kamu berdiri sekarang.

4 komentar:

hettirusmini mengatakan...

Alhamdulillah kalaunsudah submit ke jurnal internasional, jadi sudah bisa senyum lagi yaa

Arr Rian mengatakan...

Alhamdulillah, sepertinya akan dapat bonus traktiran (ultah) dan (penerimaan jurnal). hhahahaa
Mbak ikutan Giveaway ku yuk
http://arrrian.blogspot.com/2013/06/arr-rians-giveaway.html

dhiyan kisno mengatakan...

bukan qaqa saa, senyumnya bukan karena submit, senyumnya karena punya banyak orang yang sayang *pede

dhiyan kisno mengatakan...

iya cu, alhamdulilaaah =)
ntar aja ya traktirannya pas shp, dateng aja, ada makanan gratis InsyaAllah

sek bentar ya, cek tkp =p