Minggu, 08 September 2013

Sopir

Masih berhubungan sama posting sebelumnya dan sebenernya ndak ada hubungan sama kasus sopir 13 tahun tadi yang seharian ini menghebohkan, tapi ada si inspirasinya dari situ selain dari tuitwar sama adek kos barusan.

Kayaknya simpel sih ya kerjaan sopir itu, tapi sebenernya tanggungjawabnya gede banget lo. Selama perjalanan yang bisa dalam ukuran menit atau berjam-jam, kudu fokus, ndak boleh meleng, dan pastinya ndak boleh merem.
Banyak yang bilang kalau sopir ndak boleh diajak bicara, tapi kalau saya jadi sopir, saya malah males kalau ndak ada yang ngajak ngomong saya. Ngeliat jalan itu kadang ngebosenin, makanya biar ndak bosen senengnya kalau ada yang nemenin ngobrol, ya minimal ada mp3 lah ya, jadi berasa ada yang nyanyiin. Soalnya kadang kalo sepi makin tinggi risiko ngantuk dan ndak fokus dalam perjalanan. Kalau misalnya ada yang ngajak ngomong biasanya ada juga yang ngingetin terlalu cepet atau erlalu berbahaya mungkin cara nyopirnya

Mau nyopir mobil, motor bahkan ontel sekalipun itu ndak gampang, jadi jangan cuma bisa ngejudge sopir yang salah kalau misalnya ada kecelakaan, meski memang biasanya karena ketiakhati-hatian sopir.
Saya kesel banget kalo misal pas ada berita kecelakaan selalu diidentikkan dengan sopir yang mengantuk, tapi biar ndak kesel saya suka nganggepnya yang nulis itu pasti ndak bisa nyopir.
Kadang pas perjalanan, khususnya perjalanan jauh, ngantuk itu pasti, tapi ada beberapa sopir yang nahan kantuknya dengan beberapa alasan, mungkin karena dikejar waktu atau juga karena malas berhenti, berhenti untuk istirahat itu enak, tapi ndak ada jaminan kita berhentinya bisa sebentar, sementara biasanya sang sopir ini pasti ada yang nungguin, keluarganya gitu. Alhasil mereka mencoba untuk melawan kantuknya, atau untuk beberapa sopir yang punya temen yang bisa nyopir juga biasanya memilih gantian dan terus jalan timbang kudu berhenti sesaat.
Bukan ngajarin untuk membenarkan boleh nyopir sambil ngantuk sih, tapi apa ya, jangan gampang ngejudge salah gitu lo. Cobalah jadi sopir dulu sebelum nyalah-nyalahin sopir. Tiap pilihan itu ada resikonya lagi, kalau misal nyuruh sopir ngebut, ya risiko terbesarnya kecelakaan itu, kalau misalnya ngebiarin sopirnya lelet, ya yang sabar aja, pasti sampe rumahnya juga lama. Nggak ada sopir yang pengen dia ndak selamet, jadi apapun yang dilakukan sopir itu, pastinya sudah diperhitungkan sama dianya.
Selama naik bis ini ya, emang sih sering sebel kalo sopir bisnya ngebutnya ndak karuan, apalagi pas di jalan tol, tapi pas ketemu sopir bis yang nyantai banget gitu jadi suka sbel sama mbatin, kapan aku sampe rumah kalo dia jalan kecepatan segini?

Nyalahin orang itu emang enak, kerasanya itu nanti pas ngalamin sendiri, ternyata disalahin sama orang lain untuk sesuatu yang dikerjain sebaik-baiknya itu ndak enak.
Enak sih, tapi ndak baik, ya terserah sih mau jadi orang yang hidupnya enak atau jadi orang baik.
Yang paling penting itu dalam tiap perjalanan kudu diawali doa, semoga bisa selamat sampai tujuan nantinya.

Tidak ada komentar: