Rabu, 21 Agustus 2013

Sendiri

Sesuatu membanggakan kalo dapetnya sendirian itu malah terkadang jadi keanehan atau ketidakwajaran
Kalau saya aneh itu biasa ya, tapi masak iya udah sesuai aturan masih dianggep aneh
Jadi inget salah satu kalimat dari salah satu guru, entah guru apa, kalau ndak salah guru pas smp, beliau berkata, gila itu sebenernya kan kesepakatan, kalau kamu bener tapi dalam satu kelompokmu ndak ada yang sama kayak kamu berarti kamukan berbeda dari kelompok itu dan kemungkinan kamu dianggap gila sama mereka
Lalu tetiba memikirkan kalau saya kembali jadi orang teraneh, atau bahkan gila, ah bukan ah, masih waras kok
Pikiran itu dimulai dari ucapan selamat salah satu teman, Selamat ya dek, kamu lulus sendiri semester ini
Karena kata lulus ini sekarang jadi kata paling sensitif, saya hanya bisa senyum garing, saya dulu sempet pamit ke temen-temen, saya mungkin lulus duluan, bukan karena saya paling pinter, bukan lah pastinya, tapi karena saya paling nganggur, kerjaan ndak punya, suami atau anak juga ndak punya, jadi ya selama 1 semester kemaren itu kerjaan saya ya cuma ubek-ubek tugas akhir, makanya bisa lulus. Beberapa yang saya pamiti justru malah memaksa saya biar segera lulus, malu sama diri sendiri kalo ndak lulus, seperti kata juragan, lha kamu lo ndak punya beban apa-apa kok ya ndak lulus-lulus, kamukan udah lama ujian proposal, bahkan penelitian juga udah selesai, mosok iyo kerjaan tiap hari mek muteri kampus, keliatan banget penganggurannya
Belum lagi desakan dari ayah yang ampir tiap jam telpon cuma nanyain, tugas akhirmu sampe mana?
atau temen-temen admin yang tiap kali maen selalu nanya, kamu kapan lulus?
wiiih ya, ini ndak di rumah ndak di kampus pertanyaan bikin kuping panas, sampai akhirnya revisian ujian proposal yang tiga bulan ndak terpegang, saya pegang dan saya selesaikan cuma dalam waktu tiga harian. Ternyata revisian itu gampang, sayanya aja yang males megang, jadinya sampe tiiga bulan dia nganggur. Bahkan saat konsul revisian ke penguji, beliau sempet nanya, kamu ini yang mana sih? saya kok lupa pernah nguji kamu, oh ujiannya januari ya? dan ini mei, lama ya kamu ndak kesini
 
Sampai akhirnya bisa lulus, dan kebetulannya lulusnya mepet, bahkan ndak bisa ikut yudisium semester genap ini saya kira ini wajar. Wajar lah kalau memang di plot 4 semester dan saya juga menyelesaikannya 4 semester, tapi menjadi ndak wajar setelah mendapat kalimat dari temen diatas.
Ada kata SENDIRI di sana, saya kiranya itu pujian, sampai akhirnya nyonya juragan tertawa ngakak setelah saya menceritakan itu
Me: Kenapa sih Mbak kok malah ngakak? Itu pujian atau celaan si?
Nyonya: terserah sih kamu mau ngartiin apa, tapi coba bayangin deh ya, kalau semuanya belum lulus dan kamu lulus sendiri, berarti apa artinya, sendiri lo
*mikir lama*
Me: berarti aku aneh ya Mbak
*nyonya juragan dan rekan setrika semakin ngakak*
 Lalu ketemu lagi dengan seorang teman dan dia nyeletuk, tapi kami berempat belas lo dek, dan kamu sendiri, ketahuankan siapa yang aneh?

Nah lo, siapa yang aneh
tapi kalo misal dipikir ya iya sih, masak yang lain belum sayanya udah?
tapikan yang nyuruh segera menyelesaikan ya mereka ini, setelah selesai kenapa jadi malah sya tampak aneh ya?
aneh deh ya bukan gila (mengacu ke pernyataan salah satu guru, red)

Lulus sendiri itu ndak enak, apalagi kalau wisuda sendiri, jadi nanti wisudaannya bareng temen-temen sekelas aja deh ya
Lulus sendiri itu jadi parno, parno kalau pas ngomongin syarat-syarat yudisium ke temen dianggepnya pamer kalo udah lulus, sementara kalo ndak nanya pasti bakal nyasar. Kudu ati-ati banget
Lulus sendiri itu ndak ada partner untuk ngomongin kelulusan, kudu nyariin kakak tingkat yang belum tentu merekanya enak kalau diajak ngomong
dan kata SENDIRI itu menimbulkan keanehan

Tapi, akhirnya jadi sadar, tiap pilihan pasti ada risikonya
Belum tentu juga kalau sekarang belum lulus keadaan jadi lebih baik.
Paling endak, lulus itu bisa bikin ortu ndak utang koperasi lagi buat bayarin spp
Paling endak, lulus itu bisa bikin ortu bangga pas cerita ke temen-temennya
ndak ada yang enak-enak terus atau ndak enak-ndak enak terus, semua pasti seimbang
dan tiap orang pasti punya maslah sendiri dengan "kelulusannya", jadi jangan cuma mikir kalau yang udah lulus ndak bermasalah atau yang belum lulus itu bermasalah, karena pasti tiap orang punya masalah sendiri-sendiri.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

tiap orang pasti punya masalah sendiri dengan "kelulusannya", jadi jangan cuma mikir kalau yang udah lulus ndak bermasalah atau yang belum lulus itu bermasalah, karena pasti tiap orang punya masalah sendiri-sendiri.


*bwahahahahaha*

*teringat tetiba ketemu ex-penguji di pasca dan saya lari tunggang langgang sampe zalkaca ngakak*